RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 29-09-2009
  DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN NTT SOSIALISASIKAN KONSERVASI LAUT SAWU
 

Senin 28 September 2009 ;di kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi NTT berlangsung sosialisasi konservasi laut sawu yang diselenggarakan  oleh tim perencanaan pengelolaan kawasan konservasi perairan nasional laut sawu. Sosialisasi ini diprakarsai  Dinas Perikanan Dan Kelautan Propinsi NTT bidang perikanan budidaya pesisir dan pulau-pulau kecil  yang dipimpin kasubdin Ferdi Kapitan.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti  para kasubdin, kepala seksi, staf perikanan dan kelautan Propinsi NTT dengan nara sumber  Yotam Ninef  dimoderatori Kadis Perikanan dan Kelautan Propinsi NTT Afliana Salean.

Yotam Ninef menyebutkan, wilayah taman nasional perairan laut Sawu memiliki 2 wilayah perairan yang meliputi 11 kabupaten yakni  selat Sumba seluas 567.165,44 hektar yang meliputi kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat. Kemudian  wilayah perairan Pulau Timor-Rote-Sabu dan Batek seluas 2.953.964, 37 hektar yang meliputi kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Sabu Raijua. Di kedua wilayah ini terdapat keanekaragaman terumbu karang, ikan karang, 14 species setasea  dan penyu.

Dasar hukum penetapan wilayah ini adalah  keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pencadangan kawasan Konservasi Perairan Nasional Laut Sawu dan sekitarnya. (VN_04)

   
 
Sound: