RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 29-09-2009
  DAN ADOE: "KETIKA SEHAT, KESEHATAN BUKAN SEGALANYA - KESEHATAN KUNCI SUKSES PENDIDIKAN"
 

Walikota Kupang dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Kota Kupang Max Halundaka  pada Rapat Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah di aula Sasando Kota Kupang, Senin 28 September mengatakan, Kesehatan merupakan salah satu faktor kunci bagi suksesnya proses pendidikan. Menurut Dan Adoe tidak mungkin mengharapkan para siswa bisa belajar menimba ilmu secara optimal dalam kondisi tidak sehat, demikian juga dengan upaya meningkatkan kwalitas generasi muda daerah, tidak akan berhasil apabila lingkungan sekolah tempat siswa mengasah kemampuan intelektual, menjadi sumber penyebaran kuman penyakit, peredaran narkoba, psikotropika dan berbagai penyakit lainnya.

Dan Adoe menilai, program Usaha Kesehatan Sekolah Bukan lagi sebuah pilihan tetapi telah menjadi bagian dari proses pendidikan yang akan melahirkan SDM yang cerdas dan sehat fisik maupun Psikis. UKS menurutnya, merupakan suatu usaha yang dilakukan sekolah-sekolah yang sakit di kawasan atau lingkungan sekolah. Dan Adoe menambahkan, tujuan Usaha Kesehatan Sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, dengan meningkatkan perilaku sidup sehat, bersih dan derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar serta menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan opotimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Walikota Dan Adoe mengingatkan, sukes sebuah program ditentukan oleh tiga unsur opokok yaitu sumber daya manusia, anggaran dan metode atau cara dan untuk mengefektifkan tiga unsur tersebut sangat diperlukan kemampuan dan kompetensi para pengelola untuk merencanakan, mengorganisir, menggerakan dan melakukan pengawasan secara proposional, agar setiap lini dapat berjalan sesuai peran dan fungsi masing-masing. (VN_02)

   
 
Sound: