RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 05-06-2013
  DANI B RATU : SOAL DATA PEMILIH PEMILU, TANGGUNGJAWAB BERSAMA
  Kupang, tirilolok.com - Ketua KPUD Kota Kupang Daniel B Ratu, ketika ditemui Wartawan usai sosialisasi dan Implementasi Peraturan KPU Nomor 09 tahun 2013 tentang Pemutahiran data Pemilih Pemilu, Anggota DPR, DPD dan DPRD serta aplikasi bagi Pemangku Kepentingan Tingkat Kota Kupang, di Hotel Sasando Rabu 05 Juni mengatakan, soal data Pemilih Pemilu bukan hanya tanggungjawab KPUD tetapi menjadi tanggungjawab bersama semua pihak baik KPU, Para Caleg, Media maupun Pemilih itu sendiri. “ KPU lakukan sosialisasi seperti ini, diberitakan media. Para Caleg juga, Kalo mau mendapatkan suara dukungan mereka harus pastikan orang-orang yang telah didatangi terdaftar dalam DPT dan pada hari “ H “ datang ke TPS untuk memilih”, ungkap Ratu. Menurut Dani, Sosialisasi di tingkat Kota Kupang yang dilaksanakan pada Rabu 05 Juni merupakan tahap awal dan ia berharap semua yang telah mengikuti kegiatan tersebut bisa meneruskan informasi kepada orang lain.

Mengenai rendahnya keterlibatan Pemilih pada Pilkada Gubernur Putaran kedua ia mengatakan, hal itu terjadi, karena kemungkinan calon idolanya sudah kalah pada Putaran Pertama. “ Yang berikut kartu Undangan yang tidak sampai ke tangan Warga dan penetapan hari yang terjepit pada hari libur. Saya kira itu sangat berpengaruh”, katanya.

Menurut dia, Pemilih yang tidak mendapatkan Undangan bukan sebuah alasan mendasar, karena MK telah mengisyaratkan Penggunaan KTP dan KK jika hendak mencoblos. “ Sebenarnya kalo pemilih itu mau dia datang saja ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Tidak usah tunggu Undangan”, jelas mantan Wartawan ini.

Disinggung mengenai Penurunan Partisipasi Pemilih pada Pilgub NTT 2013 akan berdampak pada penilaian kinerja KPU ia mengatakan, penilaian itu boleh-boleh saja, namun harus diingat masih ada banyak pihak yang harus bertanggungjawab terhadap hal itu. “ Harus juga diingat kalo orang sudah terima undangan tapi tidak mau datang ke TPS terus KPU harus berbuat apa ?”, pungkasnya. (VN-02)
   
 
Sound: