RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 31-05-2013
  FREDY ANGKAS PUTRA : MENTAL PENYANDANG DISABILITAS PERLU DISIAPKAN SEBELUM KE DUNIA KERJA
  Kupang, tirilolok.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Nusa Tenggara Timur – APINDO NTT Fredy Angkasa Putra ketika ditemui Wartawan usai mengikuti Pembukaan Diskusi Terbuka Disabilitas dalam Ketenagakerjaan “ Membuka Kesempatan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas” di aula Diklat Dinas Sosial NTT Jumat 31 Mei mengatakan, Mental para penyandang Disabilitas perlu disiapkan sebelum masuk dunia kerja, sehingga dapat bersaing secara sehat baik dengan sesama penyandang disabilitas maupu dengan orang normal. “ Sebanrnya bisa diterima oleh para pengusaha, tetapi apakah mentalnya siap. Jangan sampai ketika mencari kerja dia malu”, ujar Fredy.

Menurut Fredy, ia pernah membantu orang cacad, karena mengaku sudah memiliki ketrampilan mekanik namun setelah itu pergi tidak kembali lagi.

Ia menjelaskan, Perlu ada tim khusus untuk mencari penyandang cacad, sehingga bisa diketahui mana yang bisa masuk dunia kerja. “ Dan juga perusahaan mana yang bisa merekrut mereka. Karena ada yang cacad tangan, Kaki perusahaan tidak menerima sembarang orang”, katanya lagi.

Mengenai sikap Pemerintah yang hendak mengelola masalah disabilitas tetapi masih menunggu Perda ia mengatakan, begitulah sikap Pemerintah melakukan sesuatu harus dengan aturan padahal membantu orang tanpa aturan pun bisa dilakukan. “ Makanya di luar negri tidak ada dinas Sosial. Kalo kita bantu orang kan tidak mungkin ditangkap. Jadi tidak perlulah tunggu Perda”, tegas Fredy.

Lembaga Buruh Internasional menggagas Pertemuan bersama seluruh instansi terkait untuk meretas persoalan Penyandang Disabilitas yang jumlahnya mencapai puluhan ribu di NTT yang sulit masuk dunia kerja. (VN-02)
   
 
Sound: