RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 31-05-2013
  PITER MANUK : SARANA UMUM DI NTT BELUM RAMAH PENYANDANG DISABILITAS
  Kupang, tirilolok.com - Kepala Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur Sinun Petrus Manuk Dalam sambutannya ketika membuka Diskusi Terbuka Disabilitas dalam Ketenagakerjaan “ Membuka Kesempatan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas” di aula Diklat Dinas Sosial NTT Jumat 31 Mei mengatakan, Belum ada sarana umum baik Pemerintah maupun swasta yang ramah Penyandang Cacad.

“ salah satu fasilitas Kantor Pemerintah yang tidak memberikan akses bagi Panyandang Disabilitas yakni Dinas Sosial. Karena itu dalam tahun depan Gedung baru kantor itu akan dibangun dan disain Gedungnya lebih responsive Penyandang Disabilitas”, ujar Manuk.

Sedangkan mengenai Draft Perda Disabilitas yang telah diusulkan 2 tahun lalu Pit Manuk mengatakan, Draft Perda itu sudah ada di meja Biro Hukum dan diharapkan dalam tahun ini bisa ditetapkan menjadi Perda, sehingga bisa dijadikan payung hukum bagi penanganan masalah disabilitas. “ Ada yang memanggil saya Kadis perda, karena hal itu. Saya mau bilang bahwa Draftnya sudah siap dibahas bersama Dewan. Semua butuh Waktu”, kata Manuk.

Ia menambahkan, Penyandang Disabilitas memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang-orang normal karena itu mereka patut diberi perhatian.

Lebih jauh Piter Manuk minta, para pengusaha bisa mengakomodir para Penyandang Disabilitas di dunia kerja. “ saya mau promosi mereka karena anak-anak kita ini memiliki bakat di Dunia Infotainment. Cobalah rekrut mereka untuk menyanyi di tempat bapa – bapa pengusaha hiburan”, ujar Sekretaris Pramuka NTT ini.

Sementara itu Koordinator Organisasi Buruh Internasional – ILO Jon Pakereng mengatakan, perhatian terhadap Para penyandang disabilitas masih rendah hal ini ditunjukkan dengan baru 1 % dari mereka yang masuk dunia kerja di Indonesia. “ Untuk tingkat dunia ada 15 % penyandang cacad yang belum bekerja”, Kata Pakereng. (VN-02)
   
 
Sound: