RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 29-05-2013
  RUMAH PEMBUANGAN BUNG KARNO DIRENOVASI
  Kupang, tirilolok.com - Ketua Yayasan Ende Flores Ignas Kleden dalam penjelasannya pada Jumpa Pers dalam Rangka Peringatan Hari Lahirnya Pancasila dan Peresmian Situs Bung Karno oleh Wakil Presiden dan Ketua MPR RI di Ende Selasa 28 Mei di Aula Badan Perencana Pembangunan Daerah – Bappeda NTT menjelaskan, Saat ini pihaknya sedang merenovasi Rumah yang ditempati Presiden RI yang Pertama Soekarno pada saat Pembuangan tahun 1934-1938.

Menurut dia selain Rumah, titik lain yang direnovasi yakni Lokasi sekitar Pohon Sukun yang menjadi Tempat Permenungan Bung Karno untuk melahirkan Pancasila. “ Patung Bung Karno terbuat dari Perak sudah ada di Ende dan sudah ditempatkan di bawah Pohon Sukun masih dalam keadaan terselubung dan akan dibuka seiring peluncuran Situs Bung Karno”, ujar Kleden.

Ia mengatakan, Pemugaran Tempat Pembuangan Bung Karno di Ende tidak banyak mengalami perubahan. “ Karena sesuai Undang-Undang Pemugaran tempat-tempat Bersejarah tidak boleh menghilangkan bentuk aslinya, kalu tidak kita akan dipidana”, katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, ada inisiatif dari Pematung Bung Karno untuk membuat sebuah Film documenter berisi Proses Pembuatan Patung Sang proklamator. Ia minta seluruh media ikut mempromosikan Ende sebagai tempat lahirnya Pancasila yang menjadi Dasar Negara Republik Indonesia.

Sementara itu Asisten I Setda Ende Sebatianus Sukadamai mengatakan, Persiapan Panitia Daerah sudah mencapai 90 % tinggal membenahi yang masih kurang.

Pada Kesempatan itu Rudi Gobel dari Sekretariat Wapres RI memperlihatkan gambar dan isi Rumah yang menjadi tempat Bung Karno menemukan Sila-sila Pancasila dalam bentuk 3 Dimensi.

Sesuai rencana tamu negara yang akan menghadiri Peringatan Hari Lahirnya Pancasila adalah Wapres Boediono, Ketua MPR Taufik Kiemas, Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri dan Mentri- Mentri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 dan berbagai Undangan lainnya. (VN-02)
   
 
Sound: