RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 29-04-2013
  ADEN GULTOM : 4.908 PETUGAS SENSUS PERTANIAN DITERJUNKAN KE DAERAH
  Kupang, tirilolok.com - Kepala Badan Pusat Statistik NTT Aden Gultom ketika ditanya Wartawan usai mengikuti Pembukaan Sosialisasi Sensus Pertanian tingkat Kota Kupang di aula Hotel Sasando Senin 29 April mengatakan, BPS NTT menerjunkan 4.908 petugas untuk melakukan Sensus Pertanian tahun 2013 ini. “ Seluruh Petugas telah dilatih tentang teknis pelaksanaan Sensus tersebut”, kata Gultom.

Dia menjelaskan, menandai dimulainya kegiatan tersebut Presiden SBY akan berpidato pada tanggal 30 April malam.

Ditanya sejauhmana persebaran petugas Sensus Aden mengatakan, “ makin banyak Rumah Tangga Tani makin banyak Petugas Sensus diterjunkan BPS”. Disinggung mengenai daerah mana saja yang menjadi Konsentrasi Pertanian, Aden mengatakan, daerah Flores merupakan salah satu daerah Pertanian di Bumi Flabamora.

“ Selain Pertanian kita juga mencacah sektor Perikanan, peternakan dan usaha lain. Kalo Pertanian daerah Flores menjadi pusat seperti di Manggarai. Tapi kalupeternakan Sumba dan Timor menjadi basis. Sedangkan Perikanan di Flores ya, karena kita di NTT ini perikanan masih mengandalkan laut”, jelasnya. Aden Goltom menambahkan, BPS melakukan tiga Sensus yakni Sensus Pertanian pada tahun berakhiran 3, Sensus Penduduk pada tahun berakhiran nol dan Sensus Ekonomi dilakukan pada tahun – tahun berakhiran 6.

Sementara itu Kepala BPS Kota Kupang Ade Manafe menjelaskan, 120 Petugas Sensus yang diterjunkan BPS Kota Kupang akan berkoordinasi dengan Pemerintah Setempat sebelum melakukan pendataan. “ Mereka nanti akan ketemu para lurah dan camat untuk itu dan besok (Selasa 30/04) petugas mulai mendatangi lokasi untuk mengenal medan yang akan menjadi wilayah kerja”, tambahnya lagi.

Aden Gultom dan Ade Manafe berharap, masyarakat membantu kelancaran pencacahan tersebut, dengan menyampaikan data secara jujur. Pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 berlangsung selama 1 bulan sejak tanggal 1-31 Mei 2013. (VN-02)
   
 
Sound: