RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 25-04-2013
  FARID GABAN : FASILITAS KEPALA DAERAH HARUS DISESUAIKAN DENGAN KONDISI RAKYAT
  Kupang, tirilolok.com - Koordinator Yayasan Zamrud Katulistiwa Farid Gaban ketika tampil sebagai Pemateri dalam kegiatan Training Public Service Monitoring for Media Mainstream Journalist, di Hotel On The Rock, Kamis (25/04/24) mengatakan, Fasilitas yang dimanfaatkan Kepala Daerah harus disesuaikan dengan Kondisi Rakyat. “ ada kontradiksi antara fasilitas yang digunakan Kepala Daerah dengan keadaan ekonomi rakyat”, ujar Farid.

Ia menyebut, kepala daerah menggunakan fasilitas mobil yang nilainya 500.000 juta rupiah ke atas sementara anggaran untuk kepentingann Publik hanya 10-20 %. “ Kenapa tidak pake mobil Avansa yang harganya lebih murah”, katanya.

Gaban menambahkan, jika Kepala Daerah adalah Pelayan maka Pelayan tidak boleh lebih mewah dari Majikannya yakni Rakyat namun yang terjadi justru sebaliknya.

Menurut dia, Pemilu bukan menjadi cara mencari Pemimpin tetapi harus menjadi jalan mendapatkan Pelayan. Dikatakannya, kebutuhan Publik harus dibiayai oleh Negara, karena itu fasilitas Umum harus lebih murah, namun yang terjadi justru fasilitas umum makin mahal karena Pemerintah menyerahkan urusan pelayanan Umum kepada Swasta.

Menurutnya, saat ini cara berpikir Pemerintah sama dengan swasta, yang lebih mencari keuntungan daripada Pelayanan murah dan berkwalitas, karena itu ia minta Wartawan lebih jeli, dalam melihat tingkahlaku Kepala daerah yang berani berteriak rakyatnya miskin tetapi ia menggunakan fasilitas mewah. “ Kalo di Luar Negri tersedia air minum langsung di mana-mana kita di sini air minum seperti barang langka dan sangat mahal”, ungkapnya. (VN-02)
   
 
Sound: