RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 30-07-2012
  SEJUMLAH PROVINSI TIRU PROGRAM DEMAM.
  Kupang, tirilolok.com - sejumlah provinsi di Indonesia mulai meniru atau mengadopsi program Desa Kelurahan Mandiri Anggur Merah atau program DEMAM yang digulirkan pemerintah NTT tahun 2011 lalu.

Kepala BAPPEDA NTT, I Wayan Dharmawa kepada Tirilolok di Hotel Olif Kupang pada hari Minggu tanggal 29 Juli mengemukakan, pada saat presentasi dengan para kepala BAPPEDA se-Indonesia di BAPPENAS ada pengakuan dari sejumlah kepala BAPPEDA provinsi di Indonesia yang mulai meniru program DEMAM seperti provinsi Bali dengan nama GERBANGSADU.

Wayan menambahkan, provinsi lain yang mulai mengadopsi program DEMAM yakni provinsi Bangka Belitung dengan nama CATAM EMAS SEMilyard dan Sumatera Utara dengan alokasi dana 50 juta rupiah per desa kelurahan serta provinsi lain yang fokus pada infrastruktur.

Wayan juga mengakui, dari 21 kabupaten kota di NTT, sudah 19 kabupaten kota yang mereplikasi program DEMAM seperti Kota Kupang, TTU, TTS, Belu, Lembata dan beberapa kabupaten lainnya.

Menurut Wayan, pihaknya sudah melakukan diskusi dengan BAPPENAS tentang program DEMAM bahwa masyarakat perlu mendapatkan dana dan dipercaya untuk mengelola uang demi meningkatkan kesejahteraannya.

Seperti diketahui, pemerintah NTT mulai tahun 2011 mengalokasikan dana 250 juta rupiah bagi 287 desa kelurahan di NTT melalui program Desa Kelurahan Mandiri Anggur Merah dan pada tahun 2012 menjadi 298 desa kelurahan namun program ini ditentang berbagai pihak sehingga pada konferensi pers tanggal 16 Juli lalu bertepatan dengan 4 tahun kepemimpinan Frans Lebu Raya –Esthon Funay atau FREN, gubernur Lebu Raya menyatakan bahwa banyaknya komentar dan sorotan miring menunjukkan bahwa program DEMAM diminati dan disukai berbagai kalangan. (Vn-01)
   
 
Sound: