RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 07-02-2012
  KOTA KUPANG SANDANG STATUS KLB DBD
 

Kasus DBD yang terus meningkat pada bulan Januari 2012 menjadi 276 kasus dengan lima orang meninggal, membuat Walikota Kupang Daniel Adoe bersikap yaitu tidak tanggung-tanggung Status Kejadian Luar Biasa-KLB langsung diumumkan Bakal Calon Walikota Kupang periode kedua itu di Ruang Rapat Garuda dalam sebuah Konferensi Pers. (6/7/2012)

Menurut Dan Adoe, jumlah ini akan semakin meningkat karena diperkirakan curah hujan masih akan berlangsung April mendatang sesuai siklus setiap lima tahunan. Sementara itu Kadis Kesehatan Kota Kupang Dokter Ari Wijana menjelaskan, penetapan KLB hanya menggunakan data bulan Januari 2012 sehingga jumlahnya hanya 276 tidak seperti sebelumnya 311 karena 35 kasus terjadi di bulan Desember 2011 dengan korban meningggal 7 kasus dalam dua bulan tersebut dan  meski DBD sudah menjadi KLB atau Wabah tetapi masyarakat diminta tidak perlu takut. Ia menjelaskan, DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty dan yang penting dilakukan yakni mengenali gejala awal DBD seperti nyeri ulu hati, panas, flu ringan, nyeri otot dan sakit kepala untuk selanjutnya diobati sejak dini. Menurutnya, jumlah kasus DBD meningkat, karena pasien DBD yang masih stadium satu yang seharusnya dirawat di Rumah di bawah ke Puskesmas, untuk menghindari penambahan angka kematian.

Dokter Ary minta masyarakat melakukan tiga M-Plus yakni menguras Bak mandi sekali seminggu, menutup kaleng bekas, memberi abate pada tempat penampungan air dan tidak boleh menggantung pakaian dalam rumah sehingga tidak menjadi tempat persembunyian nyamuk DBD. (VN_03)

   
 
Sound: