RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 22-11-2011
  KEBIJAKAN ATAU PROGRAM PEMBANGUNAN HARUS MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN HIDUP
 

Di tengah situasi iklim global yang semakin tidak menentu, segala bentuk kebijakan dan pembangunan daerah hendaknya selalu memperhatikan aspek lingkungan hidup. Hal ini ditegaskan Assiten Deputi tata lingkungan hidup RI, Kury Purnamasari di sela-sela kegiatan sosialisasi lingkungan hidup di aula hotel T-mor.(22/11/2011)
 
Kepada Tirilolok, Kury Purnamasari menegaskan, pentingnya penyamaan persepsi tentang lingkungan hidup dari setiap kepala daerah baik kabupaten/kota agar  segala bentuk kebijakkan dan program di setiap selalu memperhatikan lingkungan hidup. Menurutnya, lingkungan hidup itu luas, bukan hanya soal fisik tetapi juga soal bagaimana  pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan sehingga dapat dinikmati baik oleh generasi sekarang maupun generasi yang akan datang. Sementara itu, Kepala bidang tata kelola dan kajian lingkungan NTT,  Elisabeth Ugut menjelaskan, dalam rencana awal, pembangunan di Kabupeten/kota selalu mencantumkan pembangunan yang berprospek pada lingkungan hidup namun dalam pelaksanaan, aspek ekonomi lebih diutamakan dari aspek lingkungan hidup. Padahal sebuah pembangunan yang berkelanjutan tidak terlepas dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.
Lebih lanjut,  Elisabeth Ugut mengharapkan   setiap rencana pembangunan, kebijakan dan program agar lebih mendahulukan aspek lingkungan hidup karena akan membawa dampak penting seperti soal pemanfaatan lahan, pelestarian flora dan fauna serta kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan sosialisasi setengah hari ini dihadiri Bapeda Provinsi NTT, dinas lingkungan hidup dari setiap Kabupaten/kota se-Provinsi Nusa Tenggara Timur dan partisipan pemerhati lingkungan hidup. (Kiky, Fr)

   
 
Sound: