RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 21-06-2011
  GABRIEL SERAN:PERPUSTAKAAN KELURAHAN BELUM BISA DIMANFFATKAN
  Kepala Badan Perpustakaan Kota Kupang Gabriel Seran ketika dihubungi Tirilolok di ruang kerjanya Selasa 21 Juni mengatakan, hingga saat ini 49 kelurahan di kota Kupang sudah memiliki Perpustaan, namun belum bisa dimanfaatkan karena belum ada sarana penunjang.

“ Buku yang sudah dikasih ke Kelurahan 50 % masih dalam dos karena belum ada rak untuk bisa pajang buku-buku”, ungkap Seran.

Ditanya bagaimana upaya Pemkot untuk memenuhi kebutuhan tersebut Gab Seran mengatakan, Pemerintah dan DPRD Kota Kupang sudah mengalokasikan sejumlah dana pada DPA tahun 2010 namun hanya untuk 10 kelurahan.

“ Upaya lain kita minta bantuan ke Pemerintah Provinsi dan mereka sudah menjawab untuk bantu kursi meja bagi 10 kelurahan itu. Kita tunggu realisasinya”, ujarnya.

Ia menambahkan, pada prinsipnya apa yang dilakukan Perpustakaan Kota merupakan upaya pendekatan pelayanan buku kepada masyarakat, tinggal bagaimana dibenahi dan selanjutnya dimanfaatkan.

“ Daripada masyarakat buang waktu dan uang transport ke perpustakaan untuk membaca, apa yang kita lakukan inikan sudah membantu mereka”, ungkapnya.

Ditanya darimana Perpustakaan mendapat suplay buku Gab Seran mengatakan, buku-buku yang ada disumbangkan dari Pemerintah Pusat lewat dana Dekonsentrasi karena itu perlu ada dukungan Pemkot.

“ Ya Pemerintah pusat sudah bantu kita dengan buku ratusan judul kita harus malu dan segera benahi sarana yang ada untuk dimanfaatkan”, tutur Gab Seran di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, Keterbatasan Biaya membuat pelayanan perpustakaan kelurahan terkesan lamban. “ Biaya APBD Kita terbatas jadi bertahap to pasti akan dibenahi sarana yang ada asal serius. Saya pribadi maunya secepatnya”, ujarnya. Alokasi Buku untuk masing-masing kelurahan mencapai 35 Juta perkelurahan, karena itu masyarakat diminta memanfaatkan buku yang ada untuk membuka wawasan, meski masih ada banyak kekurangan. (VN-02)
   
 
Sound: