RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 25-03-2011
  PERDHAKI KEUSKUPAN AGUNG KUPANG KOMIT BERANTAS TBC.
  Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari TBC se-dunia. Untuk mengenang mereka yang menjadi korban penyakit TBC, selama sebulan tanggal 24 Maret hingga 24 April 2011 ditetapkan sebagai bulan bakti Tibi bertema Memperkuat Rakyat Untuk Memberantas Tibi.

Perdhaki Keuskupan Agung Kupang bersama Yayasan Aisyah Jakarta pun berusaha memberantas Tibi.

Dokter Herly Sudarmaji dari Perdhaki Keuskupan Agung Kupang di studio Radio Tirilolok hari Kamis Pagi mengemukakan, Sesuai misinya, Perdhaki Keuskupan Agung Kupang tetap komit untuk memberantas TB di NTT sehingga Perdhaki Keuskupan Agung Kupang bersama yayasan Aisyah berusaha memperkuat ketahanan masyarakat dengan melakukan pelatihan kader untuk menemukan pasien-pasien dan mendampingi pasien selama pengobatan hingga pasien sembuh total.

Dokter Herly menambahkan, selama bulan Tibi, Perdhaki Keuskupan Agung Kupang akan mengaktifkan kader-kader AKMS untuk melakukan penyuluhan pemberantasan Tibi.

Menurut dokter Herly, angka kejadian Tibi di NTT cukup tinggi yakni rengking tiga nasional sedangkan untuk dunia, Indonesia menduduki posisi kelima yang sebelumnya posisi ketiga dunia.

Dokter Herly menyatakan, system pengobatan Tibi adalalah pasien memeriksakan dahaknya dan bila terbukti menderita TBC akan ditangani ataupun diobati di puskesmas atau UPK Perdhaki Keuskupan Agung Kupang selama 6 bulan dengan pengawas minum obat yang obatnya diperoleh secara gratis.

Dalam memperingati hari TBC, Perdhaki Keuskupan Agung Kupang menyelenggarakan Malam Renungan Tibi di studio radio Tirilolok Kupang dan jalan santai pada hari Sabtu Pagi di arena promosi Fatululi Kupang. (VN-01)
   
 
Sound: