3 visitors online
 

TIRILOLOK News Detail

 
  INSAN PENYIARAN RAYAKAN HARI PENYIARAN NASIONAL KE-88.

 
photo
Presiden Jokowi dengan Pakaian Adat Timor
02-04-2021 - JAKARTA, TIRILOLOK.COM.

Tanggal 1 April setiap tahun dirayakan sebagai hari Penyiaran Nasional dan tahun ini memasuki usia ke – 88. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya di Jakarta Kamis tanggal 1 April 2021 menegaskan, saat ini masyarakat Indonesia berada pada era keberlimpahan Informasi. Setiap orang dapat dengan cepat memperoleh dan memproduksi Informasi dan dengan segera menyebarkannya dan konsekwensi dari keadaan ini yakni keterbukaan Informasi menjadi sebuah kebutuhan.

”Informasi yang berlebihan merupakan tuntutan yang harus kita kelola, tuntutan masyarakat yang menuntut keterbukaan dan kecepatan informasi juga harus kita kelola. Ini adalah tantangan bagi Pemeritnah, tantangan bagi lembaga penyiaran, serta tantangan bagi pemangku kepentingan lainnya”, ujarnya.

Menurut dia, kecepatan dan akurasi Informasi tersebut sangat dirasakan selama pandemic Covid-19. Keterbukaan Informasi menjadi salah satu factor kunci kesuksesan penanganan pandemic. Keterbukaan Informasi telah turut mempercepat penanganan pandemic dan pemulihan ekonomi bangsa.

”Dengan informasi yang terbuka, transparan, tanggungjawab, akuntabel, serta kerjasama semua pihak kita bisa segera membuat situasi kondusif dan terukur dan pemerintah segera mengambil kebijakan yang tepat”, tambahnya.

 Presiden mengpresiasi dan terimakasih kepada jajaran penyiran, KPID baik baik pusat maupun daerah, yang telah bekerjasama menyajikan informasi yang akurat dan actual sejak awal munculnya pandemic covid-19.

“Melalui edukasi agar disiplin menjalankan prokes, kemudian menyebarluaskan program-program pemulihan Ekonomi, serta mensosialisasikan vaksinasi missal kepada sleuruh masyarakat”, jelasnya.

Pada akhir sambutannya presiden mengingatkan bahwa tantangan pengelolaan informasi ke depan akan semakin besar, dimana digitalisasi informasi akan semakin mempermudah masyarakat memperoleh informasi, karena itu Pengawasan oleh KPI harus dilakukan secara berimbang.

Thema hari Penyiaran ke – 88 tahun 2021;”Penyiaran sebagai Pendorong Kebangkitan Ekonomi Pascah Pandemi”.

 

   
 
Sound: