Hal ini yang disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan kepada Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay (Nono), yang berhasil meraih Juara I International Abacus World Competition di Ruang Rapat Gubernur NTT Selasa, 10 Januari 2023." /> MURID SD DARI AMARASI SELATAN MERAIH JUARA I INTERNATIONAL ABACUS WORLD COMPETITION MENYISIHKAN 7000 PESERTA DUNIA Hal ini yang disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan kepada Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay (Nono), yang berhasil meraih Juara I International Abacus World Competition di Ruang Rapat Gubernur NTT Selasa, 10 Januari 2023."/>
POST: 2023-02-01 Jam: WITA - Dari: ADMIN , Kepada: Netizen dan Pendengar TIRILOLOK , INFORMASI: TIRILOLOK AKAN HADIR DENGAN PROGRAMA BARU DI AWAL FEBRUARI 2023. DENGAR TRUS FM101.1MHz - RADIO TIRILOLOK KUPANG

Hari ini:

whatsapp
7 Pengunjung Online

NEWS

Murid SD Dari Amarasi Selatan Meraih Juara I International Abacus World Competition Menyisihkan 7000 Peserta Dunia





Kalahkan 7.000 Peserta di Dunia Bocah Asal NTT Ini Unjuk Kemampuan Matematika Di Depan Gubernur NTT.

Kupang, 11-01-2023 || REGIONAL

"Guru yang baik melahirkan murid yang baik, guru yang pintar melahirkan murid yang pintar, dan guru yang cerdas melahirkan murid yang cerdas".

Hal ini yang disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan kepada Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay (Nono), yang berhasil meraih Juara I International Abacus World Competition di Ruang Rapat Gubernur NTT Selasa, 10 Januari 2023.

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay yang akrab dipanggil Nono merupakan salah satu siswa  yang bersekolah di Inpres Buraen 2 di Kabupaten Kupang NTT, berhasil meraih Juara I International Abacus World Competition.

Meskipun berasal dari  wilayah yang tergolong dalam daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), namun tidak menjadi kendala bagi  siswa kelas 2 SD binaan YPA-MDR ini untuk berjuang meraih juara 1 mengalahkan 7.000 peserta siswa dari seluruh dunia. Dan yang patut dibanggakan lagi dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym 2022, Nono merupakan Putra asal NTT yang pertama membawa Indonesia meraih peringkat pertama dalam sejarah  berdirinya kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym sejak 2003 silam.

Pada kompetisi itu Nono berhasil menyelesaikan 15.201 file dalam 1 file ada 10 soal jadi total soal yang berhasil dikerjakan Nono dalam jangka waktu 1 Tahun sebanyak 152.010 soal yang diujikan dalam bentuk virtual dan listen dalam bahasa Inggris. Sedangkan posisi kedua diduduki peserta dari Negara Qatar yang mengerjakan 7.502 file atau 75.020 soal hanya setengah bagian dari soal yang berhasil dikerjakan Nono dan peringkat  ketiga dari USA yang mengerjakan 6.138 File atau 61.380 soal.

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Gubernur NTT, dihadapan Gubernur NTT bersama seluruh peserta yang hadir Nono diberikan kesempatan untuk unjuk kemampuan dalam bidang matematika. Iapun dengan enteng menjawab semua soal yang diberikan tanpa  berpikir lama. Sontak Gubernur NTT bersama seluruh peserta yang hadir merasa kagum dan bangga akan kecerdasan anak itu.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Sekolah binaan Astra, para guru dan semua pihak yang terkait yang berhasil mendidik Nono hingga berhasil dalam ajang kompetisi itu. Ia juga menginstruksikan agar sistem pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah binaan Astra dapat diterapkan juga oleh para guru bagi siswa-siswi tingkat TK hingga SLTP di Provinsi NTT.

Bagi Gubernur Viktor Tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah pola belajar atau pola pengajaran yang keliru atau salah. Karena itu proses pendidikan harus dilakukan dengan benar agar setiap anak didik dapat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk membangun masa depannya.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan dari Founder Abacus Brain GYM USA, Juli Agustar Djonli kepada Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay (Nono), berupa piala, sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar 200 Dolar AS yang disaksikan langsung Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bupati Kupang, Korinus Masneno. (BIRO UMUM SETDA NTT)

Sumber Video: https://youtu.be/6bEBleaNktI

ADMIN: Cornelis Kiik