POST: 01-10-2021 Jam: 13:15:35 WITA - Dari: WEBMASTER, Kepada: Netizen dan Pendengar TIRILOLOK, INFORMASI: Website Radio TIRILOLOK sedang dalam perubahan konstruksi. Beberapa halaman web mungkin tidak ditemukan sebab masih dalam konstruksi. Terima kasih

Hari ini:

whatsapp
2 Pengunjung Online

NEWS

LBH Surya NTT Ada di Seluruh NTT, 5 Perwakilan Terakreditasi





Hasil Verifikasi dan Akreditasi lembaga / Organisasi Bantuan Hukum periode 2022- 2024

Kota Kupang, 06-01-2022 || REGIONAL

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT kini semakin bersinar gemilang di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebanyak 5 Perwakilan LBH Surya NTT telah mendapat Akreditasi di Kota/Kabupaten.

Ini merupakan kado spesial dari Negara di penghujung Tahun 2021 ini.

 

"Perwakilan kami yang sudah terakrditas adalah: LBH Surya NTT Kota Kupang, LBH Surya NTT Kabupaten Kupang, LBH Surya NTT Kabupaten Rote-Nado, LBH Surya NTT Kabupaten Lembata dan LBH Surya NTT Kabupaten Manggarai Barat. Kami sangat berterimakasih  dan ini merupakan Kado terindah akhir tahun dari Negara", kata Pengacara Kondang yang juga Ketua organisasi kaliber pers yang menjabat selaku Ketua DPW Media Online Indonesia (MOI) Provinsi NTT tersebut Jumat, (31/12/2021).

 

Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH - 02.HN.03.03 Tahun 2021 Tentang Lembaga / Organisasi Bantuan Hukum yang lolos Verifikasi dan Akreditasi sebagai Pemberi Bantuan Hukum, Periode 2022 - 2024.

 

LBH yang didirikan oleh Advokat papan atas Herry FF Battileo, SH.,MH., telah ada di hampir seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi NTT.

 

Tak heran jika masyarakat NTT hanya mengenal LBH tersebut sebagai satu-satunya lembaga bantuan hukum terpercaya saat ini.

 

Herry Battileo selaku Pendiri/Pengawas LBH Surya NTT kepada awak media, menyatakan bersyukur kepada Tuhan atas kemurahanNya.

 

"Tidak sia-sia kami berjuang membangun serta membantu masyarakat miskin dalam pelayanan hukum gratis dan mungkin inilah harga dari sebuah ketulusan untuk kami", ujar pengacara top ini.

 

Dia menambahkan, perjuangan dalam pelayanan hukum gratis yang diberikan oleh LBH Surya NTT di Periode 2019 - 2021 lalu, negara hanya membayar 15 perkara saja dari   1.500-an perkara gratis di NTT yang ditangani LBH Surya NTT.

"Untuk anggaran Periode 2019-2021 Rp.82.670.000,- dengan rincian Rp. 72.000.000,- untuk LITIGASI, dan 10.670.000,- untuk NON LITIGASI. Jadi totalnya hanya 15 perkara saja, padahal di Kota Kupang saja sudah menangani sekitar 400 perkara dan totalnya sebanyak 1.500an perkara kami tangani di seluruh NTT. Semua kami lakukan dengan tulus dan niat ingin membantu. Rekan Advokat yang tergabung di LBH Surya NTT masih banyak yang idealis, sehingga ratusan perkara itu kita mampu menangani semua. Jika ditanya untuk Periode 2022-2024 ini, saya belum tahu." Papar Pria yang juga merupakan Tokoh Revolusi Pers NTT di era digitalisasi ini.

 

Sementara itu E.Nita Juwita, SH.,MH., yang ditunjuk sebagai Ketua LBH Surya NTT ketika dikonfirmasi, meminta para advokat untuk bekerja dengan hati.

"Untuk para Advokat LBH Surya NTT yang telah Terakreditasi di Kabuputen, agar bekerja dengan sungguh dan membantu masyarakat dengan tulus." Imbuhnya. (VN_02)

ADMIN: Yosintus Fahik