Untitled Document
Home SVD Curia SVD TIMOR LESTE SVD JAWA SVD ENDE SVD RUTENG Today's Sermon
Hot NEWS
 
Misi Sebagai Dialog Ke Dalam Diri Sendiri
Pengauditan Keuangan Provinsi dan Komunitas
Mengelola Lembaga Pendidikan yang Mandiri
Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk Diresmikan
Perayaan Pelepasan 6 Karyawan Purnabakti
Uskup Agung Makassar Siap Terima SVD Timor
Di Luar Aku Kamu Tidak Bisa Berbuat Apa-Apa Untuk Misi
Dari Kapitel Ke-18 Provinsi SVD Timor
Rumah Baru di Soverdi Kupang, Hadiah Pancawindu Imamat P. Paulus Ngganggung, SVD dari Keluarga Manggarai
JPIC Provinsi SVD Timor Perluas Misi untuk TKI/TKW di Malaysia
 
 
BPT No. 139/2011
Menyikapi Berakhirnya Trienium 2008-2011
P. Simon Bata, SVD

(Provincial SVD Timor )

Dari Meja Provinsial

Sama saudara yang baik!

Trienium 2008-2011 akan segera berakhir. Sekretariat Provinsi SVD Timor telah mengeluarkan surat supaya setiap pimpinan rumah dan distrik serta beberapa pimpinan unit mengirim laporan trienium kepada kami. Sekretariat Provinsi kini sedang mengerjakan tahap akhir untuk dikirim ke Generalat. Laporan trienium berisikan keadaan umum provinsi kita menyangkut personil, karya, keuangan dan situasi-situasi yang mempengaruhi tiap pribadi dan komunitas. Dari laporan trienium kita bisa melihat hasil usaha (perkembangan positip) serentak juga melihat kegagalan dan kesulitan-kesulitan khusus (aspek negatip) dalam provinsi.

Personil: Dalam tiga tahun ini 10 misionaris baru sudah datang bergabung dengan kita tetapi kita juga mengalami kehilangan: 5 konfrater meninggal dunia, 3 konfrater meninggalkan serikat, dan 4 konfrater berpindah ke provinsi lain.

Karya: Umat masih mengharapkan dan menghargai kehadiran kita dalam berbagai karya perutusan kita. Nampak bahwa jumlah konfrater yang berkarya di pendidikan formal - non formal dan kerasulan kategorial semakin meningkat, dan jumlah konfrater yang berkarya di paroki semakin menurun. Sementara kita masih berjuang untuk mendapatkan konfrater yang berkarya purna-waktu dalam 4 matra khas kita, kita juga masih diminta oleh Gereja lokal untuk karya tertentu yang menuntut profesionalisme konfrater kita dalam bidang tertentu.
 Keuangan: Kita dihimbau terus-menerus dari generalat untuk memacu kemandirian finansial provinsi. Dalam rapat tahunan pada tanggal 29-31 Maret 2011 di Nenuk, tentang evaluasi keuangan 2010, nampak  bahwa usaha ini semakin meningkat dalam komunitas rumah, distrik dan unit karya. Namun kita masih terbentur mendanai sendiri kebutuhan dalam jumlah besar untuk hidup dan karya misi kita.

Situasi yang mempengaruhi: Kita patut bersyukur bahwa kesadaran hidup persaudaran kita sebagai anggota SVD dalam Provinsi ini, yang terjadi dalam komunitas Rumah, komunitas Distrik dan dalam unit karya masing-masing, telah menciptakan situasi yang kondusif untuk tiap kita mewujudkan perutusan misioner kita. Apa yang telah kita capai dalam Trienium ini adalah yang terbaik, yang Tuhan bisa berikan kepada kita, setelah kita berjerih-lelah dalam nama-Nya. Kita juga mengalami bahwa kelemahan, kealpaan, tidak fokus atau pembangkangan dari sama saudara tertentu dalam komunitas atau unit karya, tidak menyurutkan semangat kita secara bersama mengemban perutusan kita. Kita tetap percaya bahwa di tengah berbagai situasi sulit baik ke dalam (komunitas) maupun keluar (mitra dialog) Tuhan dengan cara-Nya yang mengagumkan tetap menemai kita yang berjerih-lelah demi misi-Nya yang dipercayakan kepada kita masing-masing dan kepada kita sebagai anggota SVD dalam Provinsi ini.

Semoga kita tetap berbesar hati memasuki Trienium baru 2011-2014. Dalam Trienium ini kita akan berada dalam 100 Tahun SVD di Indonesia, di mana Provinsi kita mencatat sejarah: tanggal 1 Maret 1913 di Lahurus terjadi serah terima Wilayah Gereja Nusa Tenggara (Sunda Kecil) dari Yesuit kepada SVD.
Kiranya Tuhan senantiasa memberkati hidup dan karya perutusan kita.


SELEKSI POSTNGAN EDISI [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ] [ 5 ] [ 6 ] [ 7 ] [ 8 ]

 

About Us | Contact Us | ©2007 Radio TIRILOLOK
s