Untitled Document
Home SVD Curia SVD TIMOR LESTE SVD JAWA SVD ENDE SVD RUTENG Today's Sermon
Edisi: BPT No. 147/2015
22-09-2015 | 04:19:24
 
PERISTIWA UTAMA
 
  YAYASAN PENDIDIKAN ARYOS NENUK DIRESMIKAN
 
22.jpg
Peresmian Yayasan Pendidikan Aryos

MENJAWABI tuntutan pemerintah dan keinginan segenap anggota Provinsi SVD Timor untuk mendirikan sebuah yayasan pendidikan yang bertujuan untuk mengelola penyelenggaraan pendidikan di SMK St. Yosef Nenuk yang ditunggu-tunggu selama ini, akhirnya diresmikan oleh Provinsial SVD Timor, P. Vincentius Wun, SVD pada 18 Mei 2015 lalu di Aula Biara Nenuk. Yayasan baru ini diberi nama ‘Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk’ sebagai akronim dari nama pendiri SVD, Santo Arnoldus Janssen dan nama misionaris pertama, Santo Yosef Freinademetz.  Acara pengresmian Yayasan Aryos difasilitasi oleh Ketua Yayasan Bentara Sabda Timor, P. Marsellus Baonule, SVD dan dipandu oleh P. Tarsisius Atok, SVD serta dihadiri oleh Rektor St. Yosef Nenuk, P. Yohanes Naihati, SVD, Kepala SMK St. Yosef Nenuk, P. Mikhael Rusae, SVD, Ekonom Provinsi SVD Timor, P. Fransiskus Tena, SVD, dan para Badan Pengurus YBST dan Badan  Pengurus Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk.


Provinsial SVD Timor, P. Vincentius Wun, SVD, dalam sambutan pengresmian Yayasan Aryos, mengatakan bahwa kita sedang melewati fokus pastoral pendidikan tahun 2014 – 2016 yang dicanangkan oleh Keuskupan Atambua. “Strategi pengembagangan Pendidikan dan pembenahannya (Rua Yayasan KA- 2014), pendidikan dan pengembangan sikap beriman dalam kehidupan keluarga, komunitas dan Asrama (2015), pendidikan ketrampilan hidup (life skill) pada tahun 2016,” kata Pater Vincentius.


Dalam kaitan dengan Yayasan, lanjut Pater Vincent, diusahakan optimalisasi dan pembenahan tupoksi, tanggungjawab dan tata kerja organisasi yayasan pendidikan melalui RUA, dialog, kemitraan dan organisasi kerja, animasi pendidikan. Selain itu, perlu diadakan pelatihan profesionalisme bagi guru-guru. “Tugas kita menghasilkan output dan outcome yang handal yang ditengarai bahwa dunia pendidikan dewasa ini mengalami kesulitan karena terjadi kemerosotan intelektual, religius – iman dikerdilkan dalam seluruh proses pendidikan atau sangat diformalkan menurut kriteria pemerintah sehingga pemahaman dan penghayatan iman dan agama mengalami gangguan serius dan terjadi kemerosotan moral sehingga kita tidak mampu membenahi banyak hal yang sangat fundamental untuk memajukan kehidupan manusia yang lebih bermartabat dan berkarakter berlandaskan etika,” ungkapnya.


Pater Provinsial berharap agar dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Katolik Aryos Nenuk ini dapat tercipta kerjasama yang harmonis antara penyelenggara dan pengelola sehingga visi dan misi yang dirancang bersama dapat tercapai. “Dalam dunia pendidikan kita di mana pemerintah membuka peluang untuk mendirikan sekolah – sekolah baru dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan, termasuk sekolah – sekolah kejuruan. Sebenarnya itu berarti bahwa setiap sekolah yang ingin bertahan hidup harus menciptakan proses pendidikan yang bisa dipercaya oleh masyarakat: dari segi ilmu, segi karakter dan aspek skill. Kalau hal ini diperhatikan dengan serius,  saya yakin kita akan tetap eksis dalam persaingan, apapun beratnya persaingan tersebut”.


Sedangkan Ketua Yayasan Bentara Sabda Timor (YBST), P. Marsellus Baonule, SVD, dalam arahan pembukaan acara pengresmian Yayasan Aryos memaparkan hal ihwal berdirinya yayasan baru ini yang merupakan hasil pemekaran dari YBST. “Semua urusan sudah selesai, karena itu kami undang sidang Yayasan ini untuk kita pada hari ini meresmikan berdirinya Yayasan Pendidikan Katolik ARYOS Nenuk untuk mulai beroperasi menangani SMK St. Yosef Nenuk ini agar lebih berkembang dan bisa bersaing dengan SMK lain yang bertaraf tinggi di daerah lain di NKRI,” paparnya.
Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk, P. Yustus Asa, SVD, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar dapat tercipta kerja sama dan keterbukaan serta tanggungjawab dari semua pihak agar bahu-membahu membangun Yayasan Aryos. “Harapan saya ke depan untuk kita semua. Pertama, keterbukaan diantara kita atau kerja sama yang terbuka, keterbukaan agar kita bisa saling melayani. Kedua, tanggung jawab. Kesulitan- kesulitan yang kita alami akan menjadi ringan apabila kita selalu bersama – sama. Ketiga, saling percaya. Kita harus saling memberikan kepercayaan agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Perlu adanya kerja tim yang bagus,” pinta mantan Vikjen Keuskupan Atambua.


Sebelum acara pengresmian Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk, para Badan Pengurus dari kedua yayasan SVD Timor yaitu YBST dan Aryos ini mengawalinya dengan pertemuan bersama dengan membicarakan dan mendiskusikan bersama menyangkut rencana pengembangan Yayasan Aryos ke depan yang dipandu oleh Ketua YBST, P. Marsellus Baonule, SVD.  Setelah itu, diadakan acara penyerahan tongkat kekuasaan kepada Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Katolik ARYOS Nenuk untuk menangani SMK St. Yosef Nenuk berupa Akta Notaris, NPWP atas nama badan dan NPWP atas nama pribadi ( Ketua Yayasan ), dan Cap / Stempel. Diterima oleh P. Yustus Asa, SVD sebagai Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Katolik ARYOS Nenuk. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan berita acara oleh P. Marsellus Baonule, SVD dan penandatanganan berita acara oleh yang menyerahkan pihak I ( P. Marsellus Baonule, SVD) dan yang menerima Pihak II ( P. Yustus Asa, SVD ) serta disaksikan oleh para saksi yaitu  Provinsial SVD Timor (P. Vincentius Wun, SVD) Rektor Biara Nenuk ( P. Yohanes Naihati, SVD). Pengukuhan Badan Pengurus Yayasan Aryos Nenuk ditandai dengan pengetukan palu oleh Provinsial SVD Timor, P. Vincentius Wun, SVD. Adapun susunan Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Aryos Nenuk untuk masa bakti 5 tahun ke depan, meliputi  Badan Pembina: Provinsial SVD Timor, P. Joanes G. Salu, SVD dan P. Petrus Salu, SVD, Ketua: P. Yustus Asa, SVD, Sekretaris: P. Yakobus Soro Loe, SVD, Bendahara: P. Tarsisius Atok, SVD, Anggota: Br. Nikolaus Seran, SVD dan Nikomedes Sene, M.Div, Pengawas: Br. Elridus Kobesi, SVD dan Simon Siri. Kantor Yayasan Pendidikan Aryos bertempat di samping kantor YBST dan Toko Buku Centrum di Nenuk. (Br. John Tanouf, SVD) 

   
 
[ back ]
 
About Us | Contact Us | ©2007 Radio TIRILOLOK