Untitled Document
Home SVD Curia SVD TIMOR LESTE SVD JAWA SVD ENDE SVD RUTENG Today's Sermon
Edisi: BPT No. 147/2015
22-09-2015 | 04:03:07
 
PERISTIWA UTAMA
 
  USKUP AGUNG MAKASSAR SIAP TERIMA SVD TIMOR
 
20.jpg
Mgr. Johannes Liku Ada

Uskup Keuskupan Agung Makasar, Mgr. Johannes Liku-Ada  menyatakan dirinya siap menerima para misionaris asal Provinsi SVD Timor untuk berkarya di keuskupannya. Keterbukaan Uskup Johannes dinyatakan dalam suratnya kepada Provinsial SVD Timor tertanggal 10 Juni 2015, No. 106/C-29.1/2015 menjawabi surat Provinsial Timor nomor 188/IDT/X/2014.


Mgr. Johannes Liku-Ada, dalam suratnya tersebut menyampaikan kesediaannya dan memaparkan secara singkat prinsip yang dianut di Keuskupan Agung Makassar. “Perlu kami sampaikan sejak awal bahwa prinsip yang kami anut dalam karya Keuskupan Agung Makassar, adalah bahwa kita (para imam) melayani dalam kesatuan sebagai satu “presbiterium”. Oleh karena itu, semoga para patres yang kelak berkarya di Keuskupan Agung Makassar senantiasa terbuka untuk ditempatkan bersama dengan imam-imam lain yang berkarya di sini,” tulisnya.


Lebih lanjut, Uskup Liku-Ada menguraikan soal biaya hidup bagi para misionaris yang berkarya di Keuskupan Agung Makassar. “Semua imam yang berkarya di dalam Keuskupan Agung Makassar diperlakukan secara sama. Pada prinsipnya imam hidup dari karyanya. Bilamana unit karya belum bisa mandiri secara penuh, maka imam yang berkarya akan mendapatkan subsidi dari Keuskupan. Unit karya parokial ini kami bagi dalam 3 kategori: paroki mandiri awal (uang living dan saku ditanggung oleh keuskupan), paroki mandiri madya (uang living ditanggung oleh umat paroki dan uang saku ditanggung oleh keuskupan), dan paroki mandiri penuh (bila semua biaya hidup dan uang saku ditanggung oleh umat paroki). Tentu hal inii masih akan bicarakan lebih lanjut,” papar Uskup Johannes.


Berkaitan dengan penempatan awal di Keuskupan Agung Makassar, tulis Uskup Johannes, tenaga misionaris akan ditempatkan di Paroki Unaaha yang mayoritas umatnya adalah warga transmigran asal Bali. “Sebagai gambaran kami sampaikan bahwa Paroki Unaaha terletak di jantung Sulawesi Tenggara, di Kota Unaaha yang merupakan ibukota dari Kabupaten Konawe. Jaraknya 73 km dari Kota Kendari. Di sebelah utara kabupaten ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah, di sebelah Timur dengan Laut Banda dan Laut Maluku, di sebelah Selatan dengan Kabupaten Konawe Selatan dan di sebelah Barat dengan Kabupaten Kolaka. Kebanyakan penduduknya hidup dari pertanian.” (jt)  

   
 
[ back ]
 
About Us | Contact Us | ©2007 Radio TIRILOLOK