Untitled Document
Home SVD Curia SVD TIMOR LESTE SVD JAWA SVD ENDE SVD RUTENG Today's Sermon
Edisi: BPT No. 147/2015
22-09-2015 | 00:22:21
 
PERISTIWA UTAMA
 
  DARI KAPITEL KE-18 PROVINSI SVD TIMOR
 
18.jpg
Foto bersama para Kapitularis

KAPITEL Provinsi SVD Timor yang ke-18 telah berlangsung dengan lancar di Aula Biara Nenuk, dari tanggal 20 sampai dengan 22 April 2015 lalu. Para peserta yang hadir dalam kegiatan Kapitel Provinsi SVD Timor ini yaitu para Ex-Officio, utusan dari komunitas dan distrik, undangan dan petugas teknis selama kapitel.
Adapun beberapa tahapan dari kegiatan Kapitel Provinsi Timor sebagai berikut:

Pembukaan

Pembukaan kegiatan Kapitel Provinsi SVD Timor diawali dengan Perayaan Ekaristi di Kapela Biara Nenuk pada hari Senin sore, 20 April 2015, yang dipimpin oleh Provinsial SVD Timor, P. Vincentius Wun, SVD dan didampingi oleh P. Eduardus Dosi, SVD, P. Kornelis Dosi, SVD dan P. Salvator Towary, SVD. Perayaan Ekaristi dimeriahkan dengan koor dari para novis dan dihadiri oleh para kapitularis, anggota komunitas Biara Nenuk, para narasumber, sejumlah biarawan-biarawati, dan karyawan.

Kegiatan Kapitel dimulai dengan acara pembukaan di Aula Biara Nenuk yang dipandu oleh P. Tarcisius Atok, SVD. Sebelum meresmikan kegiatan Kapitel, Provinsial SVD Timor memberikan  ‘Orientasi Umum’ dengan menjelaskan sedikit gambaran tentang pentingnya menyelenggarakan sebuah kapitel provinsi dengan penekanan-penekanan khusus pada pastoral kategorial yakni kerasulan bagi keluarga dan kaum muda, pendidikan dan penelitian, dan JPIC (Keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan). Pater Provinsial juga memaparkan situasi konfrater yang berkarya di Provinsi Timor dari aspek jumlah, asal-usul, tingkatan pendidikan, kesehatan, yang sedang mengenyam pendidikan, dan yang beristirahat di rumah jompoh Nenuk. Selanjutnya, menyanyikan lagu Veni Creator dan pembacaan Konstitusi Nomor 628 tentang Kapitel Provinsi oleh Magister Novisiat Nenuk, P. Yohanes Eduard, SVD. Kegiatan Kapitel dibuka dengan resmi oleh Provinsial SVD Timor yang ditandai dengan pemukulan gong bersama 2 orang kapitularis (P. Paulus Ngganggung, SVD/tertua dan Br. Sebastianus Henong, SVD/termuda) dan Drs. Kristo Blasin yang mewakili awam.

Peserta Kapitel

Para kapitularis yang hadir terdiri atas para peserta Ex-officio: Provinsial (P. Vincentius Wun, SVD), Wakil Provinsial/Ketua Komisi Pendidikan (P. Didimus Yustinus Nai, SVD), Admonitor (P. Eduardus Dosi, SVD), Konsultor/ Ketua Komisi Spiritualitas (Kornelis Dosi, SVD), Konsultor/Prefek Bruder Student (Br. Anggelinus Nadut, SVD), Ekonom Provinsi SVD Timor (P. Fransiskus Tena, SVD), Sekretaris Misi/Rektor Soverdi Kupang (P. Joannes Gualbertus Salu, SVD), Direktur Pendidikan Bruder (Br. Yohanes Fuamoni, SVD), Rektor BBG Kupang (P. Stefanus Lio, SVD), Rektor SVD Distrik Kupang (P. Yohanes Puri Ujan, SVD), Rektor SVD Distrik TTU (P. Yohanes Napan, SVD), Rektor SVD Distrik Belu (P. Andreas Hane, SVD), Rektor Biara St. Yosef Nenuk (P. Yohanes Naihati, SVD).
Peserta Utusan: Utusan Biara Nenuk (P. Yustus Asa, SVD, P. Mikhael Rusae, SVD (Direktur SMK St. Yosef Nenuk), P. Marsellus Baonule, SVD, P. Tarcisius Atok, SVD, P. Martinus Lali Jawa, SVD, P. Konstantinus Talung, SVD, P. Stanislaus Kofi, SVD, dan Br. Yohanes Tanouf, SVD). Utusan dari Distrik Belu (P. Fidelis Jemali, SVD dan P. Yeremias Amsikan, SVD). Utusan Distrik TTU (P. Hironimus Aron, SVD dan P. Suarma I Nyoman Marselinus, SVD). Utusan Soverdi Kupang (P. Ubaldus Djonda, SVD, Br. Salomon Leki, SVD, P. Paulus Ngganggung, SVD). Utusan BBG Kupang (P. Hendrikus Saku, SVD dan Br. Sebastianus Henong, SVD). Utusan Distrik Kupang, P. Dagobertus Sota Ringgi, SVD. Peserta undangan: P. Pieter Dile Bataona, SVD (Ketua Komisi JPIC), P. Balthasar Ermin Manehat, SVD (Ketua Komisi Komunikasi/Radio Tirilolok), P. Salvator Towary, SVD (Ketua Komisi Kerasulan Kitab Suci), P. Yulius Yasinto, SVD (Rektor Unwira Kupang). Peserta Undangan lainnya dari kaum awam: Drs. Kristo Blasin, Gabriel Olin, Ir. Anton Tisera dan Guido Fulbertus, M.A.

Laporan-Laporan

     Para kapitularis pada Kapitel Provinsial SVD Timor ke-18 juga mendengarkan laporan-laporan dari para Official Provinsi yang berlangsung pada hari pertama, Senin 20 April 2015 yakni Provinsial, Ekonom Provinsial, Magister Novis, Prefek Bruder Student, Direktur Pendidikan Bruder, dan Sekretaris Misi. Selanjutnya laporan-laporan hasil Kapitel Distrik dan Komunitas yakni Distrik Kupang, Distrik TTU, Distrik Belu, Komunitas Soverdi Kupang, Komunitas BBG Kupang, dan Komunitas Biara St. Yosef Nenuk. Demikian juga laporan dari komisi-komisi yakni Komisi Komunikasi/Radio Tirilolok, Komisi Kitab Suci, Komisi Spiritualitas, Komisi JPIC, Komisi Pendidikan, Rektor Unwira dan Direktur SMK St. Yosef Nenuk. 

Input dan Sharing

Panitia penyelenggaraan Kapitel mengundang beberapa tokoh untuk memberikan input-input kepada kapitularis pada hari Selasa, 21 April 2015. Para pemberi input yang juga narasumber yaitu Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr, P. Laurens Da Costa, SVD, dan Guido Fulbertus, M.A. Bapak Uskup Atambua memberi input tentang Menjadi Biarawan-Misionaris SVD Ber-ethos Pelayanan Menurut St. Arnoldus Janssen dan P. Laurens da Costa, SVD memberi input tentang Pendidikan Karakter dan Kemandirian. Sedangkan Guido Fulbertus, M.A membawakan materi tentang Peluang Bisnis.
Kapitularis juga mendengarkan input dari 3 kaum awam yang diundang yakni Drs. Kristo Blasin dari Kupang, Bapak Gabriel Olin dari Kefamenanu, dan Ir. Anton Tisera dari Atambua. Pada hari terakhir, Penjabat Bupati Belu, Drs. Wilhem Foni, M.Si juga berkenan memberikan sharingnya kepada kapitularis.

Resolusi dan Rekomendasi Kapitel Ke-18 Provinsi SVD Timor

Resolusi: (1) Mewajibkan semua anggota Provinsi Timor untuk menjadikan Kitab Suci sebagai tanda identitas dan jati dirinya. (2) Mewajibkan setiap komunitas, lembaga dan paroki untuk melaksanakan Lectio Divina bersama umat atau mitra karya SVD secara teratur. (3) Mewajibkan semua anggota PT untuk mengikuti lokakarya SAJ-Sumur Yakob minimal satu kali. (4) Menugaskan Sekretaris Misi dalam kerja sama dengan para rektor rumah, praeses dan rektor wilayah untuk membentuk Soverdia di wilayah yang belum ada dan menghidupkan kembali serta mendampingi kelompok paguyuban Soverdia yang sudah terbentuk. (5) Menugaskan Pimpinan Provinsi Timor untuk segera membuat rencana induk pengembangan personalia PT dengan memperhatikan Arah Karya Kerasulan SVD, skala prioritas kebutuhan terutama pendidikan non formal dan kompetensi para anggota PT. (6) Menugaskan Pimpinan PT untuk membuat rencana induk Program Kemandirian PT untuk 10 tahun ke depan, lengkap dengan arah, target, persiapan personalia dan langkah-langkah pencapaian. (7) Menugaskan Pimpinan PT untuk membenahi status kelembagaan dan personalia Pusat Penelitian Provinsi Timor. (8) Menugaskan Pimpinan PT untuk memulai persiapan pendirian Sekolah Dasar dan Menengah di Kupang. Rekomendasi: (1) Meminta Pimpinan PT untuk segera mengesahkan pendirian Sentrum Kitab Suci Noemeto dengan penerbitan SK dan penetapan personalia pendukung. (2) Meminta setiap imam SVD PT untuk menyebutkan nama Santo, Beato dan Beata, Martir keluarga Arnoldus dalam rubrik Doa Syukur Agung. (3) Meminta Pimpinan paroki dan lembaga untuk memperkenalkan dan menghidupkan tradisi serikat dalam penghormatan kepada St. Arnoldus Janssen dan St. Josef Freinademetz melalui triduum dan perayaan pada 15 Januari dan 29 Januari. (4) Mendorong semua anggota PT untuk ikut menggalakkan panggilan menjadi iman dan bruder SVD melalui kesaksian hidup yang baik, pastoral keluarga dan kaum muda dan kunjungan ke sekolah-sekolah. (5) Menugaskan Pimpinan PT untuk melakukan penjajagan kemungkinan pendirian postulat SVD di PT. (6) Menugaskan Pimpinan PT untuk menyelenggarakan Pekan Studi dan Refleksi Pastoral untuk kebutuhan internal maupun eksternal. (7) Menugaskan Pimpinan PT untuk merumuskan Tupoksi yang jelas untuk Team Keberdikarian PT. (8) Mendorong Pimpinan Provinsi untuk menjajaki kemungkinan memiliki tanah dan mendirikan rumah misi SVD di wilayah Kabupaten TTS. (9) Mendorong Pimpinan PT untuk melakukan evaluasi yang komprehensif atas investasi kekuangan yang tidak menguntungkan. (10) Mendorong semua konfrater,khususnya yang bekerja di Pendidikan Tinggi untuk mengadakan penelitian terutama di bidang budaya dan misi. (11) Mendorong semua anggota PT untuk terlibat dalam pendidikan dan pembinaan karakter kaum muda. (12) Mendukung pembukaan Radio Tirilolok II di Atambua. (13) Menugaskan Pimpinan PT untuk menjajaki bentuk-bentuk karya baru di bidang kaderisasi awam, pelayanan kaum migran dan kerasulan tapal batas.

Penutup

Penutupan Kapitel Provinsi Timor ditandai dengan misa penutupan pada Rabu sore, 22 April 2015 yang dipimpin oleh Admonitor Provinsial, P. Eduardus Dosi, SVD dan didampingi oleh Provinsial Timor,P. Vincent Wun, SVD, Wakil Provinsial, P. Didimus Nai, SVD, Rektor Biara Nenuk, P. Yohanes Naihati, SVD, Konsultor Provinsial, P. Kornelis Dosi, SVD, P. Paulus Ngganggung, SVD. Misa penutupan dimeriahkan oleh koor dari para novis dan dihadiri oleh para kapitularis, sejumlah biarawati, anggota komunitas Nenuk dan undangan. Pada penghujung misa, Wakil Provinsial, P. Didmus Nai, SVD berkenan memberikan Piagam Penghargaan kepada Bapak Gabriel Olin yang hadir selama Kapitel Provinsi mewakili kaum awam. Kapitel ditutup dengan resmi oleh Pater Provinsial dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali didampingi P. Paulus Ngganggung, SVD, Br. Sebastianus Henong, SVD dan Bapak Gabriel Olin. (jt)       

   
 
[ back ]
 
About Us | Contact Us | ©2007 Radio TIRILOLOK