RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 13-02-2010
  WIDODO: "WARGA TIONGHOA PERLU MEMBAUR"
 

Tokoh Tionghoa di Kupang, Theodorus Widodo,Sabtu, 13 Februari, di toko Setia Jaya Ruko Oebobo mengemukakan, berkenaan dengan perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina 14 Februari, ia mengingatkan warga Tionghoa yang ada di NTT untuk senantiasa membaur dengan semua warga NTT guna membangun Kota Kupang khususnya dan NTT umumnya.

Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan NTT ini menambahkan, sesuai Undang - undang Asimilasi yang disahkan tahun 2006 lalu, warga Tionghoa perlu bahu-membahu dengan warga lainnya untuk membangun Indonesia. Ia menyatakan di saat merayakan Imlek , ia teringat akan mantan Presiden Gus Dur dan menyatakan kebanggaannya kepada almarhum Gus Dur yang sangat menghargai dan mengangkat harkat dan martabat minoritas di Indonesia. Pemilik Toko Setia Jaya Kupang ini mengajak seluruh warga China yang ada di NTT untuk sehati sesuara membangun NTT baru.

Theodorus yang juga dosen pada sejumlah perguruan tinggi di kota Kupang ini menyebutkan, pagayuban Tionghoa di NTT telah ikut menyumbang untuk korban gempa Alor, Longsor Manggarai dan tsunami Aceh.

Tokoh Tionghoa lainnya, Guido Fulbertus, yang diminta kesannnya terkait Imlek tahun ini per telepon, mengatakan, perayaan imlek itu biasa-biasa saja seperti ulang tahun atau Natal dan Tahun Baru. Ia hanya mengingatkan orang China di NTT untuk menghayati dan melaksanakan pesan ketua umum himpunan warga Tionghoa pusat dalam hidup dan karya.

Perayaan Imlek tahun ini bersamaan hari dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day. Menyambut perayaan ini, sejumlah toko milik etnis Tionghoa di kota Kupang nampak tidak dibuka. (VN_01)

   
 
Sound:
footer2.jpg