RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 11-02-2010
  BPKP SOSIALISASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH
 

Sistem pengendalian intern pemerintah sangat penting dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa suatu satuan perangkat kerja daerah. Hal ini penting demi menghindari persoalan hukum. Demikian penegaskan, PLH Ketua BPKP, Kuswanto pada acara sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah - SPIP lingkup pemerintah Provinsi NTT yang diikuti para pimpinan SKPD, bendahara uang dan barang serta mitra pemerintah.

Lebih lanjut Kuswanto mengatakan, pimpinan SKPD memilik pengawasan melekat karena ketika terjadi persoalan hukum berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa, pimpinan SKPD- lah yang pertama berhadapan dengan hukum. Ia menambahkan, sistem pengendalian intern pemerintah perlu dilakukan pimpinan SKPD, bendahara uang dan barang serta panitai tender karena akibat hukumnya luas meski pimpinan SKPD atau bendaharanya telah pensiun.

Sementara itu ketua Jasa konstruksi NTT, Piet Djami Rebo menyatakan, para mitra sering kesulitan dalam kaitan dengan efisiensi dan efektivitas pengerjaan suatu proyek sementara pemilik proyek telah menentukan kalender kerja. Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang membuka acara sosialisasi itu berharap para pimpinan SKPD memahami secara baik prosedur pengadaan barang dan jasa serta mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 secara baik dan bijaksana sehingga tidak terjerat hukum. (VN_01)

   
 
Sound:
footer2.jpg