RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 21-12-2009
  TIGA TOKOH SENIMAN SASANDO DAPAT PENGHARGAAN
 

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jerok Wacik, memberikan penghargaan kepada Almarhum Eliazer Koamesah dan Bernadus Henuk serta Paulus A. Haning atas jasa-jasa mereka mengembangkan dan memperkenalkan Sasando di berbagai forum.

Jerok Wacik mengatakan, Almarhum Eliazer Koamesah mendapatakn penghargaan karena sejak usia 13 tahun mementaskan Sasando di sekolah-sekolah, mengisi acara Sasando di RRI Kupang, mengisi acara pada kongres pemuda di Gedung Asia Afrika Bandung dan mementaskan Sasando di Darwin Australia. Almarhum Bernadus Henuk mendapat penghargaan karena bekerja sebagai pengrajin sekaligus pemain Sasando, juara berbagai lomba Sasando sejak tahun 1991 dan menjadi narasumber penelitian Sasando oleh peneliti Amerika Serikat dan Australia. Sedangkan Paulus A. Henuk, mendapat penghargaan karena menulis berbagai hal tentang Sasando, adat –istiadat Rote Ndao dan menulis berbagai buku.

Menteri Jero Wacik berpesan kepada para penerima penghargaan agar memajangkan Piala Presiden dan Piala Menteri Kebudayaan dan Pariwisata di ruang tamu agar diketahui orang lain. Sedangkan Mastro Sasando, Yeremias Pah memberikan apresiasi atas penghargaan bagi perajin, pengembang dan pelestari Sasando NTT.  (VN_01)

   
 
Sound:
footer2.jpg