RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 21-12-2009
  DEPARTEMEN KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA AKAN GELAR FESTIVAL SASANDO TINGKAT NASIONAL
 

Setelah sukses menyelenggarakan Festival Sasando tingkat provinsi NTT, Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata  Indonesia akan menyelenggarakan Festival Sasando Tingkat Nasional.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jerok Wacik mengatakan hal ini di Kantor Gubernur NTT, Minggu, 20 Desember , usai menutup Festival Sasando tingkat provinsi NTT sambil menambahkan, ia puas atas penyelenggaraan Festival Sasando di Kupang yang berlangsung tanggal 17 hingga 20 Desember itu.

Jero Wacik menambahkan, Festival Sasando ini merupakan perwujudan 100 hari kerja Menteri Kebudayaan dan Pariwisata yang bertujuan meregistrasi aneka seni budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dan mengatakan kebanggaannya atas dukungan Pemda NTT dan Pangdam IX Udayana  sehingga acara Festiva berjalan lancar. Ia menyatakan, Sasando akan didaftar sebagai aset budaya bangsa Indonesia sehingga tidak diklaim bangsa lain sebagai miliknya.

Menteri Jero Wacik meminta agar Sasando dimasukan dalam Muatan Lokal sehingga anak NTT mengetahui dan mencintainya sebagai musik tradisional.

Sementara itu, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, menyatakan, sejak terpilih sebagai Gubernur, ia telah meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT untuk mengembangkan Sasando sebagai upaya pelestarian seni budaya bangsa Indonesia yang ada di  daerah NTT.  Lebu Raya menambahkan, Pemda NTT akan membantu pengumpulan data mengenai Sasando guna diregistrasikan di UNESCO.

Festival Sasando  yang bertajuk Ku Yakin Sampai Di Sana ini akhirnya menghasilkan sejumlah pemenang yakni kategori  Sasando Biola Tunggal  dimenangkan Djitron Pah, Zakarias Ndaong, Jarline Tiara Pingak, Jack Pah dan Berto Pah. Sedangkan kategori Sasando Biola Grup dimenangkan Grup Loka Binkra, Bula Molik, Deta Lima, Samutui dan Grup Wirasakti. (VN_01)

   
 
Sound:
footer2.jpg