RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 17-06-2009
  PARLEMEN: DPRD NTT KUNJUNGI KECAMATAN LAMAKNEN SELATAN, BELU
 

Hari kedua kunjungan team DPRD Provinsi NTT

Kecamatan Lamaknen Selatan yang merupakan pemekaran dari kecamatan Lamaknen, berpenduduk 7.919 jiwa ini terdiri dari 8 desa, sebelah utara dan barat berbatasan dengan kecamatan Lamaknen sedangkan sebelah selatan dan timur berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Penduduk wilayah ini bermatapencarian bertani ladang dan tanaman perdagangan; kopi, kemiri, bawang putih, bawang merah, kascang tanah, kacang merah dan kacang hijau dan binatang peliharaan berupa sapi, kerbau, kambing dan ayam. Sarana dan prasarananya masih jauh tertinggal dari kecamatan-kecamatan lain di kab. Belu. Masyarakat di wilayah ini sangat membutuhkan air bersih, penerangan karena sampai saat ini mereka cuma mengandalkan pelita dan kekurangan tenaga guru. Hasil bumi sulit dipasarkan karena masyarakat harus berjalan kaki 12 km untuk menunggu angkutan yang akan membawa komoditinya ke Atambua.

Untuk menjawabi kebutuhan ini pemerintah Belu telah berupaya mengembangkan perkoperasian yang menjadi harapan kecamatan Lamaknen Selatan sehingga cita-cita menjadikan NTT provinsi koperasi dapat terwujud. Selain itu usaha ini sebagai jalan menghindarkan masyarakat transaksi illegal di perbatasan. Masyarakat sangat berharap pemerintah provinsi dapat membangun satu pasar di perbatasan. Dan diberitakan bahwa dispenda kab Belu sudah mengadakan survey untuk kebutuhan pembangunan ini. (Reporter: Jeane Salem Kedang)

   
 
Sound:
footer2.jpg