RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 29-09-2007
  PENELITIAN AIR TANAH: GTZ MULAI TELITI AIR BAWAH TANAH DI KOTA KUPANG
 

Guna mendukung Program Pemkot akan ketersediaan air bersih di Kota Kupang, GTZ mulai melakukan penelitian terhadap kelayakan air bawah tanah di Kota Kupang. Demi terwujudnya penelitian ini, (Sabtu, 29/09), Tim Leader GTZ NTT melakukan presentasi rencana pengeboran kepada Walikota Kupang.

Ketua Tim Leader GTZ Good Governance Program DR. Manfred Poppe ketika ditemui wartawan sebelumnya pada 28 September lalu mengemukakan, pemerintah kota dan GTZ akan bekerjasama dalam merealisasikan berbagai program yakni perencanaan pembangunan, penataan ruang, penyediaan pelayanan public dan penaggulangan bencana alam. Semua hal tersebut menjadi pragram kerjasama antara pemerintah kota dan Kru GTZ , namun yang menjadi prioritas adalah penyediaan air bersih, sebagai upaya menjawab keluhan masyarakat akan kebutuhan vital ini.

Menurut Manfred bantuan dan kerjasama ini dilakukan tidak dalam bentuk dana, namun dalam bentuk lain yakni bantuan teknis yang terdiri dari pelatihan dan berbagai hal lainnya.

Manfred menambahkan, GTZ tidak bertindak sebagai penyumbang dana dan peralatan dalam rencana penyediaan sarana air bersih ini, namun akan meminta kepada pihak lain untuk memperoleh dana.

Penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak akan segera dilakukan Oktober mendatang. Sementara itu walikota Kupang Drs. Daniel Adoe mengatakan, Gambar situasi dan kondisi air tanah kota Kupang telah dilakukan oleh pihak AusAID, GTZ dan IK dari Jepang. Gambar tersebut saat ini sudah berada di tangan pemerintah kota Kupang. Salah satu perusahaan asing malah ingin membangun hotel treatment dengan air minum.

Dalam kerjasama, menurut Walikota Adoe, pihaknya tidak ingin campur tangan sehingga semua berjalan transparan. Sedangkan mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing perusahaan akan diatur sendiri oleh perusahaan yang akan menanamkan modalnya di kota Kupang.

Upaya ini, menurut walikota Adoe adalah untuk merealiasikan janji penyediaan air bersih bagi warga Kota Kupang pada saat kampanye Mei lalu yang akhirnya menghantar Dandan menduduki kursi walikota-wakil walikota Kupang hingga 2012.. (Sintus)

   
 
Sound:
footer2.jpg