ANTARA News - Latest Indonesia News
President Jokowi inaugurates Baswedan, Uno as Jakarta governor, vice governor
Mon, 16 Oct 2017 21:44:54 +0700 - President Joko Widodo (Jokowi), at the State Palace, here, Monday, inaugurated and swore in Anies Baswedan and Sandiaga Uno, respectively as the governor and vice governor of Jakarta for the 2017-2022 period. The ...
Indonesia sees foreign trade surplus of $1.76 billion in September
Mon, 16 Oct 2017 21:29:54 +0700 - Indonesia has recorded a foreign trade surplus of US$1.76 billion in September 2017, more than $1.71 billion recorded the month before, according to the Central Statistics Agency (BPS). Non-oil/non-gas trade balance recorded ...
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  Kota Kupang - TIRILOLOK.COM, 08-07-2015
  BAGIAN PPA KOTA KUPANG GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GENDER
  Sejak tanggal 8 9 Juli Bagian pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak Setda Kota Kupang mengadakan Pelatihan Pembangunan Sistem Informasi Gender dan Anak di Aula Rumah Jabatan Wakil Walikota Kupang. Walikota Kupang dalam sambutan Pembukaan yang dibacakan Asisten II Sekda Kota Kupang Djama Mila Meha Rabu 8 Juli mengatakan, Pengarusutamaan Gender merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, data gender dan anak menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarusutamaan gender dan pengarusutamaan hak anak.

Ia menjelaskan, Data gender dan anak dapat mnembantu para pengammbil keputusan antara lain untuk mengidentifikasi perbedaan perempuan dan laki-laki, termasuk anak, dalam dimensi tempat dan waktu, mengevaluasi dampak dan intervensi pembangunan terhdap perempuan dan laki-laki serta mengidentifikasi masalah, membangun opsi dan memilih opsi paling efektif untuk kemaslahatan perempuan dan laki-laki, yang responsive terhadap masalah, kebutuhan, pengalaman perempuan dan laki-laki.

Ia menambahkan, data terpilah menurut jenis kelamin dan status serta kondisi perempuan dan laki-laki di seluruh bidang pembangunan meliputi kesehatan, pendidikan, ekonomi dan ketenagakerjaan, bidang politik dan dan pengambilan keputusan, bidang hukum dan sosial, budaya dan kekerasan.

" Dangka upaya pendataan gender di berbagai bidang di kota Kupang, system pencatatan dan pelaporan merupakan komponen penting, selain sebagai upaya untuk memantau kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak, juga untuk menilai sejauh mana keberhasilan program serta sebagai bahan untuk membuat perencanaan di tahun-tahun berikutnya", kata dia.

Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dokter Yohana Fransiska menjelaskan, sebagai SKPD Koordinatif yang memerlukan data dari SKPD teknis, pihaknya merasa perlu menyatukan persepsi dengan SKPD teknis.

Menurut dia, Formulir yang disebarkan selalu diisi dengan data yang tidak dibutuhkan oleh Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sehingga menjadi kendala dalam menganalisa. Kegiatan dua hari itu diikuti 35 peserta dari SKPD lingkup Pemkot Kupang dan sektor terkait. (VN-02)
   
 
Sound: no_sound.mp3
footer2.jpg