ANTARA News - Latest Indonesia News
Indonesia receives highest UN democracy index in ASEAN
Fri, 20 Oct 2017 00:15:16 +0700 - The government of Indonesia has been consistently receiving the highest total score of democracy index, as compared to other ASEAN countries, according to Universal Periodic Review 2017 held by the United Nations Human Rights ...
Indonesia hands over IORA chairmanship to S Africa
Fri, 20 Oct 2017 00:10:38 +0700 - Indonesia has officially handed over the chairmanship of the Indian Ocean Rim Ocean Association (IORA) to South Africa during the 17th IORA Council of Ministers Meeting in Durban, South Africa, on Wednesday. Indonesian ...
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  Kabupaten Ende - TIRILOLOK.COM, 08-06-2015
  POTENSI PARIWISATA ENDE BESAR, NAMUN KURANG DIPROMOSI
  Menteri Pariwisata, Arief Yahya, usai memimpin upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila di Ende, Senin, 1 Juni 2015, kepada sejumlah wartawan menjelaskan, Ende-Flores dan NTT secara umum memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Sayangnya, potensi tersebut kurang dipromosikan kepada para wisatawan.

Ia menjelaskan, seperti halnya danau tiga warna Kelimutu jumlah pengunjung berkisar 15 ribu yang dinilainya masih sangat minim karena kurang menjual ke negara-negara lain. Menurut Arif, Kehadirannya ke Ende, selain memimpin upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila ke-70, ia juga akan berupaya untuk mempromosikan potensi wisata Flores di tingkat nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur, Jelamu Marius pada kesempatan yang sama menjelaskan, NTT memiliki banyak potensi wisata yang mampu dijual ke luar daerah namun saat ini masih diupayakan untuk memperkenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dikatakan Kadis Jelamu, potensi wisata di Ende dan di Labuan Bajo merupakan branding bagi wisata-wisata lainnya di daratan Flores dan NTT umumnya.

Saat ini pihaknya masih berusaha untuk bekerja sama dengan berbagai organisasi yang bergerak di bidang pariwisata. Ia menuturkan Ende salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata.

Sebagai destinasi utama adalah danau Kelimutu. Permasalahan yang terjadi adalah menentukan pintu masuk pariwisata. Ia menjelaskan, Pintu masuk selama ini melalui Labuan Bajo, Maumere, Kupang dan Tambaloka. Ini akan digabungkan menjadi satu kesatuan sehingga ada pemerataan wisatawan.

Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, kata dia, pariwisata menjadi peranan penting untuk mendongkrak dan membeck up lima pilar ekonomi yang dikembangkan Presiden Jokowi yakni pengembangan pangan, maritim, pariwisata, industri dan energi.

Ia menambahkan meningkatnya lima pilar ekonomi tersebut harus didukung oleh infrastruktur sebagai letak dasar pengembangan ekonomi Indonesia khususnya NTT yang akan datang. Ia berharap event tersebut akan menjadikan event untuk memacuhkan prtumbuhan ekonomi dan pariwisata, sehingga para wisatawan tidak langsung menuju wisata alam tetapi juga terlibat dalam wisata sejarah. (VN-02)
   
 
Sound: no_sound.mp3
footer2.jpg