RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  Kupang - TIRILOLOK.COM, 22-02-2015
  JAJARAN KANWIL BPN PROVINSI NTT BERTEKAD SELESAIKAN PROGRAM SERTIPIKASI PRONA
  Dengan keterbatasan yang ada, jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bertekad untuk menyelesaikan target legalisasi aset yang telah ditetapkan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi NTT, Drs. Josias Benyamin Lona yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/10).

Terkait denga pelayanan pertanahan yang mengalami sedikit kendala fisik seperti kondisi kantor, sarana transportasi, jaringan listrik, koneksi internet maupun jumlah dan kondisi pegawai yang ada, tidak menjadi halangan jajaran Kanwil BPN Provinsi NTT untuk memberi pelayanan pertanahan yang terbaik kepada masyarakat, yang hingga akhir Oktober 2014 realisasi pekerjaan legalisasi aset telah mencapai 84,95% dari target 33.200 bidang. Jika dilihat setelah dilakukan optimalisasi anggaran, realisasinya menjadi 76,29% dari target 36.966 bidang yang meliputi penambahan sertipikasi Prona sebanyak 1.491 bidang dan redistribusi tanah sebanyak 2.275 bidang.

Kondisi kantor yang kurang memadai terlihat di Kantor Pertanahan Kota Kupang, dimana menempati bangunan lama bekas Kantor Wilayah BPN Provinsi NTT, tata letak loket maupun ruang kantor terlihat tidak memenuhi kriteria sebagai kantor pertanahan yang ideal. Bangunan baru sebagai pengganti Kantor Pertanahan Kota Kupang yang bersebelahan dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi NTT, sedang dipersiapkan. Diharapkan dengan akan beroperasinya kantor baru tersebut, pelayanan pertanahan kepada masyarakat dapat berjalan lebih optimal.

Kantor Pertanahan Kota Kupang pada tahun 2014 mempunyai target sertipikasi Prona sebanyak 250 bidang, yang pada pelaksanaannya berhasil melampaui target yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 303 bidang.

Pelaksanaan pekerjaan yang telah mencapai target di tahun 2014 juga telah dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang. Hingga akhir bulan Oktober 2014, realisasi sertipikasi Prona telah mencapai 100% atau 1.200 bidang. Namun ada beberapa program legalisasi aset yang menemui kendala pelaksanaan seperti perubahan lokasi maupun perubahan subyek, sebagaimana diutarakan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang, Ni Nyoman Suratni.

Kendala yang dihadapi tersebut tidak menyurutkan jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang untuk terus berkarya dengan kerjasama antara semua elemen pegawai serta ketegasan untuk mencapai target yang ditetapkan menjadi kunci keberhasilan.

sumber: http://www.bpn.go.id
   
 
Sound: audio
footer2.jpg