RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 16-07-2013
  YAKOBUS YAKOB : PERTAMBAHAN PENDUDUK BERDAMPAK TERHADAP PENDIDIKAN DAN KESEHATAN.
  Kupang, tirilolok.com - Dosen Jurusan Geografi FKIP Undana Kupang Yakobus Yakob dalam Materinya bertajuk, “ Dampak Kependudukan Terhadap Bidang Pendidikan dan Kesehatan pada Workshop Dampak Kependudukan yang digelar BKKBN Perwakilan NTT di Hotel Ima beberapa waktu lalu mengatakan, Pertambahan Penduduk berdampak terhadap Pendidikan da Kesehatan.

“ Dampak dimaksud yakni Perluasan akses Pendidikan baik untuk anak usia dini, usia SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, Peningkatan sarana prasarana fisik Pendidikan, peningkatan kwantitas dan kwalitas sarana Pembelajaran, Peningkatan ketersediaan Biaya Pendidikan dan Peningkatan SDM penyelenggara Pendidikan”, ujar Yakob.

Sedangkan dampak Kependudukan terhadap Kesehatan yakni Perluasasn akses terhadap bidang Kesehatan, Peningkatan prasarana fisik, peningkatan Kwalitas dan Kwantitas sarana pelayanan kesehatan, peningkatann biaya kesehatan, SDM penyelenggara Bidang Kesehatan, sikap dan perilaku hidup sehat mempengaruhi kesehatan dan perilaku fertilitas berpengruh pada kesehatan penduduk.

“ Pendidikan Penduduk yang rendah mempengaruhi akses inovasi dan perubahan yang berkenaan dengan kependudukan yakni Perkawinan usia muda di bawah 20 tahun lebih didominasi Wanita, Perilaku pertolongan persalinan kelahiran hidup bukan pada tempat pelayanan kesehatan lebih didominasi oleh ibu yang berpendidikan SD 86 %, ibu yang tidak tamat SD 92 % dan yang tidak pernah sekolah 89 %,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, Proporsi terbesar Wanita Kawin yang berpendidikan SD, Tidak Tamat SD memiliki anak lebih dari 4 orang.

Terhadap persoalan tersebut ia merekomendasikan, Perlunya peningkatan Wawasan Pembangunan berbasis kependudukan, bagi para pemeganag kebijakan dari tingkat bawah hingga tingkat atas dan analisis cost benefit tentang aspek kependudukan dalam segala aspek kehidupan terus menerus dibudidayakan kepada seluruh komponen masyarakat, agar memiliki pemahaman yang baik untuk membangun sikap dan perilaku yang lebih mendukung pengembangan SDM. (VN-02)
   
 
Sound:
footer2.jpg