RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 11-05-2013
  MEDIA MASSA LAKUKAN KEKERASAN GANDA TERHADAP PEREMPUAN
  Kupang, tirilolok.com - Persoalan kekerasan terhadap perempuan memberikan dampak yang kompleks pada berbagai aspek kehidupan seperti politik , ekonomi , budaya dan keamanan. Menghadapi persoalan ini, Oxfam, Lopo Belajar Gender dan Harian Kota Kursor menggelar Training Pemberitaan Berprespektif Gender bagi Jurnalist di kota Kupang. “ Pemberitaan sehari-hari wartawan tidak terlepas dari persoalan kekerasan terhadap perempuan, karena itu saya berharap dengan kegiatan ini, para wartawan mendapat manfaat terkait pemberitaan berprespektif gender”, ujar Konsultan Oxfam NTT, Juliana Ndolu, kepada Wartawan di Grenia hotel, jumad, 10 Mei.

Menurut dia, wartawan mempunyai tempat yang strategis sebagai alat menciptakan opini publik. “ Sebagai alat penyampai pesan, media massa banyak mengeksploitasi perempuan, bahkan tidak berpihak pada korban”, katanya.

Di sisi lain katanya, pelabelan-pelabelan negatif hasil konstruksi sosial budaya, yang iya sebut sebagai kekerasan ganda terhadap perempuan. “ Media adalah alat penyampaian pesan yang sangat efektif kepada masyarakat dan juga membentuk opini publik dan mentransformasikan nilai”, ujarnya. Ia menjelaskan, Kebijakan redaksional dari satu media sangat berperan dalam suatu pemberitaan.

Traning ini menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya diantaranya Tony Kleden Pemred AFB TV Erika Tadu Hungu, MA di hadiri sejumlah wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan media online. (VN-02)
   
 
Sound:
footer2.jpg