RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 25-02-2013
  RESDIYANA SALEAN : DEKRANASDA KOTA BERDAYAKAN PENENUN DAN TINGKATKAN PROMOSI
  Kupang, tirilolok.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah - Dekranasda Kota Kupang Resdiayana Salean Ndapamerang ketika ditemui Tirilolok Jumat 22 Februari di Balai kota Kupang mengatakan, pihaknya akan menitik beratkan seluruh kegiatan dalam tahun 2013 ini pada Pembedayaan dan Promosi hasil kerajinan Penenun.

“ Penenun khusus di Kota Kupang terutama motif bergambar Bunga Sepe belum berkembang baik, sehingga perlu diangkat. Selain itu, masih ada banyak ketrampilan seni lainnya yang akan diperhatikan dan dikembangkan”, ujar Resdiayana.

Ia menambahkan, para pengrajin terutama Penenun Binaan Perindag Kota Kupang selalu diikutkan dalam setiap even baik Kota maupun Provinsi, sehingga hasil kerajinan bisa dipromosikan kepada dunia untuk mendorong penenun lain ikut maju.

Mengenai ketrampilan daur ulang Resdiyana mengatakan, pihaknya akan menata kembali dengan membuka data base yang ada sehingga anggota Dekranasda yang telah dilatih bisa mengembangkan diri dan melatih orang lain.

Lebih jauh ia menjelaskan, dalam menyongsong Sail Komodo Juli mendatang pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kupang dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, menyiapkan SDM dan berbagai hal, untuk bisa menarik perhatian peserta Sali Komodo dari berbagai negara.

Ditanya mengenai hadirnya Etnic lain dengan tenunan ikatnya Istri Walikota Kupang ini mengatakan, selain memperhatikan khusus motif tenun Kota Kupang Dekranasda juga akan menggandeng Penenun dari daerah lain yang ada di Kota Kupang, sehingga lebih berinovasi. (VN-02)
   
 
Sound:
footer2.jpg