RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 28-05-2012
  KOMISI A DPRD – KPUD RAPAT DENGAR PENDAPAT
  Kupang Tirilolok . com - Komisi A DPRD Kota Kupang dan KPUD Senin (28/5) mengadakan Rapat Dengar Pendapat-RDP di Ruang Rapat Komisi A Balai Sidang Kota Kupang. Rapat dipimpin ketua Komisi A Irianus Rohi dihadiri 7 anggota Komisi dan Ketua KPUD Kota Kupang Dani Ratu.

Dalam Rapat tersebut ketua dan para anggota Komisi meminta penjelasan Ketua KPU seputar pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah – Pemilu Kada Kota Kupang Putaran Pertama yang telah berlangsung 1 Mei 2012 silam.

Salah Satu Materi yang dijelaskan Ketua KPUD Kota Kupang Dani Ratu yakni seputar Data Pemilih dan Partisipasi Pemilih.

Menurut Dani,awal Februari lalu pihaknya telah menyerahkan Soft Copy Data Pemilih dalam DP4, kepada berbagai pihak termasuk tim sukses semua paket Peserta Pemilu.

Ia menjelaskan, penyerahan data itu dimaksudkan, agar Tim sukses paket ikut memantau nama Pemilih yang akan dimutakhirkan dan mendorong masyarakat untuk mengecek namanya di kelurahan ketika terjadi Pemutakhiran data.

Pihak lain yang diserahi soft Copy tersebut yakni Panitia Pengawas Pemilu. “ Panwas saat itu ke mana sehingga tidak tau kalo sedang ada Pemutakhiran data kenapa baru dipersoalkan sekarang”,ujar Dani Retoris.

Selain itu tambah Dani, sudah ada penandatanganan Kesepakatan soal Data Pemilih. “ Aturan tertinggi adalah Kesepatan antara Para Kandidat dan Tim sukses bersama KPU”, ungkap Dani.

Mengenai Putaran II Pilkada Kota Kupang Dani mengatakan, tidak ada Pemutakhiran data dan data yang digunakan yakni sesuai DPT sebanyak 233.045 jiwa. “ Kami akan berusaha maksimal agar semua Pemilih yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak Pilihnya, tetapi jika tidak bukan tanggungjawab kami saja tetapi seluruh komponen yang terlibat dalam Pelaksanaan Pemilu Kada”, imbuh Dani.

Mengenai dana Pemilu Kada Kota Kupang Putaran II Dani menjelaskan, pihaknya sudah meminta Pencairan dana itu pada 14 Mei lalu tetapi tidak ditindaklanjuti Bagian Keuangan Setda Kota Kupang.

“Sudah lima kali pencairan prosedurnya seperti itu. Kenapa muncul soal ketika KPU minta dana dicairkan untuk tahap II. Kitakan bukan baru mengusulkan dana. Dana sudah ada satu paket dengan dana sebelumnya dan tinggal dicairkan”, tegas Dani.

Usai menjelaskan, beberapa anggota Komisi A memberikan Respons dengan bertanya dan ada pula yang mengapresiasi. (VN-02)
   
 
Sound:
footer2.jpg