RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 26-05-2012
  PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN KUPANG BELUM MAKSIMAL.
  Kupang Tirilolok.com - Lembaga pengawasan pelayanan publik Republik Indonesia atau Ombudsman RI menggelar supervisi di Kabupaten Kupang dan hasilnya masih banyak hal yang perlu dibenahi oleh setiap instansi pelayanan publik di wilayah itu. Pelyanan publik belum maksimal. Sistem dan prosedur yang berbelit-belit dan tidak profesional seringkali menjadi lahan subur bagi tindakan korupsi dan manipulasi di kabupaten Kupang. Hal ini disampaikan wakil ketua Ombudsman RI, Haji Azlaini Agus dalam kegiatan bertajuk ‘‘Supervisi pelayanan Publik di Kabuapten Kupang“ Kamis (24/5) di hotel T-Mor-Kupang.

Menurut Azlaini, dalam tata kehidupan bernegara ada dua hal yang saling bersinggungan yakni penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik. Dalam hal ini pemerintah selalu mengandaikan kehadiran rakyat demikian sebaliknya rakyat selalu membutuhkan pemerintah.

“ Oleh karena itu pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat adalah kewajiban yang mesti dijalankan oleh para pelayan publik“, ujar Alzaini.

Lebih lanjut ia menjelaskan tugas utama ombudsman adalah mengakomodir dan menindaklanjuti setiap keluhan dan pengaduan masyarakat terhadap sistem pelayanan publik yang amburadul, tidak profesional dan berbelit-belit.

“ Ada beberapa lembaga pelayanan publik yang menunjukkan kinerja pelayanan yang buruk yakni pemerintah daerah, kepolisian, DPR, hakim dan isntansi-instansi pemerintah lainnya“, ungkapnya.

Ketika ditanya sejauhmanakah peran Ombudsman ke depan untuk mengawal semua instansi pelayanan publik di kabupaten Kupang, Haji Azlaini menjelaskan, “pada prinsipnya Ombudsman hadir sebagai lembaga negara yang memiliki hak khusus dalam mengawasi setiap intansi pelayanan publik“.

Oleh karena itu demi sistem pelayanan yang bersih dan benar dalam lingkup Kabupaten Kupang maka masyarakat diharapkan agar tidak segan-segan melaporkan setiap bentuk sikap mal-administrasi dan manipulatif setiap intansi pelayanan publik. (VN-04)
   
 
Sound:
footer2.jpg