RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 30-07-2011
  PERJUANGAN PROVINSI KEPULAUAN BERUBAH JADI DAERAH KEPULAUAN
 

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, kepada Tirilolok, mengemukakan: ”Kalau dulu perjuangan tujuh Provinsi di Indonesia bermuara pada provinsi Kepulauan, maka  pada tanggal 20 Juli lalu,  ketika tujuh Gubernur dan pimpinan DPRD provinsi kepulauan telah bertemu dengan pimpinan Badan Legislasi DPR RI dan menyerahkan naskah akademik dan draf Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan – RUU DK  untuk merubah perjuangan provinsi kepulauan menjadi daerah kepulauan”. (30/8/201)
Lebu Raya menyatakan, dalam draf RUU DK tidak menyebut provinsi kepulauan tetapi daerah kepulauan demi mengakomodir  daerah kabupaten kota kepulauan pada suatu provinsi sehingga perjuangan ini benar-benar mengakomodir semua kepentingan bukan diri sendiri. Lebih lanjut, Lebu Raya menyatakan senang karena pada penyerahan draf RUU DK di Indonesia itu, badan legislasi DPR RI menjanjikan paling lambat tahun 2012 Undang-Undang Daerah Kepulauan Indonesia– UUDKI  sudah bisa disyahkan.
Bersamaan dengan penyerahan draf RUU DK, Gubernur Lebu Raya berharap,  daerah kepulauan mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan Pemda NTT akan bekerjasama dengan berbagai kalangan dan perguruan tinggi untuk membahas urgensitas dari provinsi kepulauan. Provinsi NTT bersama provinsi Maluku, NTB, Kepulauan Riau,  Sulawesi Tenggara, Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara merupakan 7 provinsi kepulauan di Indonesia sejak tahun 2005 membentuk badan kerjasama provinsi kepulauan guna memperjuangkan adanya pengakuan pemerintah pusat  terhadap provinsi atau daerah kepulauan. (VN_01)

 

   
 
Sound:
footer2.jpg