RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 12-04-2011
  BPI KEMBANGKAN CABE RAWIT DI KOTABES.
  Staf Balai Pembibitan Induk BPI Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTT Arkalaus Soo pada hari Senin (11/4) kepada Tirilolok di Kupang mengakui, BPI sedang mengembangkan tanaman Cabe Rawit seluas 1 hektar di wilayah Desa Kotabes Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang untuk konsumsi masyarakat.

Apabila uji coba pengembangan anakan cabe rawit ini berhasil maka untuk tahap awal akan dipasarkan kepada masyarakat Kota Kupang dan kabupaten Kupang sedangkan untuk Kabupaten lain di NTT belum bisa dilayani karena pengembangannya masih bersifat uji coba ungkapnya.

Arkalaus Soo menambahkan, pengembangan bibit cabe rawit di Kotabes dan selanjutnya dijual kepada masyarakat ini semata-mata demi kontribusi PAD. Lebih lanjut, Arkalaus Soo mengemukakan, selain mengembangkan uji coba tamanan cabe Rawit, pihaknya juga sedang mengembangkan anakan tanaman mangga jenis harumanis, madu anggur, mangga Australia, jeruk, sukun dan tanaman hortikultura lainnya untuk dijual kepada masyarakat setempat dan dikirim ke Kabupaten lain di NTT.

Pengembangan Bibit tanaman Hortikultura di Kotabes Kecamatan Amarasi oleh BPI Dinas Pertanaian Tanaman pangan dan Hortikultura NTT dimulai sejak tahun 1970-an. Saat in harga cabe rawit mencapai 30 hingga 50 ribu rupiah per kilogram. ( VN-03)
   
 
Sound:
footer2.jpg