RSS
 
 
 

TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  - TIRILOLOK.COM, 07-04-2011
  MEDIA MASA CETAK DIMINTA BERPIHAK PADA RAKYAT.
  Pakar Komunikasi NTT, Pater Eduardus Dosi, SVD dalam orasi ilmiahnya pada wisuda pascasarjana dan sarjana Unwira Kupang hari Rabu 06 April di restoran Teluk Kupang meminta media massa cetak lokal di NTT untuk lebih berpihak kepada rakyat karena sesuai pengamatan dan analisasi dalam perspektif Konsepsi Michel Fouccault, selama ini media massa cetak lokal NTT lebih mengekspous kekuasaan, para elit dan tokoh keagamaan.

Dalam orasi ilmiah bertajuk Media Dalam Jejaring Kekuasaan, Relasi Kekuasaan Media Massa Cetak Lokal NTT Dalam Perspektif Konsepsi Michel Foucault, Pater Edu Dosi yang juga Kepala Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Unwira Kupang ini mengemukakan, kuasa menurut Foucault bisa dijalankan dalam banyak posisi yang dapat dihubungkan secara strategis satu dengan yang lainnya. Kuasa terdapa dimana-mana dan tak dapat dilokalisasi sebagai fenomena dominasi kekuasaan.

Menurut Pater Edu, media massa cetak lebih mengutamakan berita yang menyentuh kekuasaan pada berbagai level, mewacanakan situasi politik, menjadi subyek yang memanipulasi peristiwa, media massa cetak lokal lebih tunduk pada kepentingan pasar dan kekuasaan partai serta tokoh agama.

Bentuk-bentuk kekuasaan dominasi dalam pemberitaan surat kabar di NTT baik berita politik, ekonomi, sosial dan budaya yang ada, Karena itu, menurut Pater Edu, sudah waktunya media massa cetak lokal NTT berpihak kepada masyarakat karena pers sebagai pengartikulasian kepentingan masyarakat.

Pers perlu memikiki kesadaran dan pengetahuan tentang pihak mana yang menjadi korban dominasi diskriminatif, pihak mana yang mendapat distribusi kekuasaannya yang lebih banyak dan selanjutnya pers berpihak pada yang lemah atau tidak memiliki kekuasaan.

Pater Edu menambahkan, pers demokratis perlu lebih memperhatikan kelompok yang lemah dan kurang memiliki akses ke sarana informasi agar suara wajah mereka terwakili secara memadai. (VN-01)
   
 
Sound:
footer2.jpg