TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  Kota Kupang - TIRILOLOK.COM, 28-06-2016
  BPJS PERMUDAH PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEMUDIK
 
photo
Kepala BPJS NTT Frans Parera dan Anggota Persi WIlyahan NTT
Tujuh hari lagi Puasa berakhir dan Umat Muslim sejagad memasuki Lebaran. Menghadapi musim mudik tersebut Pemerintah menyiapkan segala macam Fasilitas termasuk Kesehatan.

Direktur Pelayanan BPJS Pusat Maya Amiarny Rusady dalam ketrangan pers di Jakarta yang diterima Radio Tirilolok melalui BPJS NTT pada hari Rabu 29 Juni mengatakan, Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat dengan cara langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk kantor Cabang BPJS.

“Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran”, kata Maya.

Ia mengatakan, dengan diterapkan kebijakan tersebut Peserta BPJS Kesehatan yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggal, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat atau mengunjungi Faslitas Kesehatan sementara. “ Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS”, tambahnya.

Ia menegaskan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS yang aktif, karena itu ia minta agar Peserta memastikan, telah membayar yuran dengan disiplin agar statusnya selalu aktif. “Kita harapkan Peserta tidak lalai dengan kewajibannya membayar yuran sehingga statusnya tetap aktif”, ujarnya lagi.

Secara Nasional ada lima titik padat pemudik yakni Pelabuhan Merak Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar yang menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada pemudik.

Kepala BPJS Kesehatan Provinsi NTT Frans Parera mengatakan, di NTT ada 2 titik pelayanan Kesehatan bagi Pemudik yakni di Flores dan Alor. “Suasana mudik Lebaran di NTT masih normal sehingga tidak perlu dikawatirkan, kecuali di Jawa”, ucap Parera.

Anggota Persatuan Rumah Sakit Indonesia – Persi Wilayah NTT Dokter Minah Sukri mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit di NTT untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik yang mengalami kendala Kesehatan selama perjalanan pergi dan pulang lebaran. “ Pelayanan kesehatan apa saja bagi peserta BPJS tidak usah khawatir”, ucap dia.
   
 
Sound:
   
   
 
footer2.jpg