TIRILOLOK News Detail

  Share on Facebook
   
  Pulau Usu, Rote - TIRILOLOK.COM, 16-05-2016
  GUBERNUR RESMIKAN PENAMAAN 10 PULAU DI NTT
 
photo
Peta ROTE

Pada hari Sabtu, 14 Mei 2016, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Nusa Tenggara Timur (Forkompinda NTT), meresmikan penamaan 10 pulau di NTT yang berlangsung di Pulau Usu, Rote Timur. Ke-10 pulau yang diresmikan namanya adalah Pulau Usu yang berpenghuni 1.011 jiwa, serta pulau Nusa Dua, Nusa Tiga, Nusa Boti, Pia Bilba, Pia Fula, Hundi Ama, Bola Telu Kona, Namodere  semuanya di Rote Ndao yang tidak berpenghuni, dan pulau Singa Edan di Manggarai Barat yang juga tidak berpenghuni.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lebu Raya mengatakan, peresmian penamaan 10 pulau ini merupakan bagian dari upaya memberikan nama kepada pulau-pulau di NTT yang hingga kini belum diberi nama sebagai bentuk kehadiran Negara, dan menyatakan kepada seluruh dunia bahwa ini adalah wilayah Indonesia di NTT.

Lebu Raya menambahkan, dengan pemberian nama ini, semua pulau di Indonesia tercatat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB ) untuk mendapatkan pengakuan, dan ini adalah awal pemberian nama bagi pulau yang selama ini belum bernama, dimulai dari Rote yang memiliki 107 pulau dan akan ada upaya pemberian nama selanjutnya bagi pulau-pulau di NTT.

Sedangkan Bupati Rote Ndao, Leonard Haning, menjelaskan, Kabupaten Rote Ndao sebagai daerah otonom memiliki 107 pulau yang oleh Bupati dilakukan pemberian nama secara hukum melalui Surat Keputusan Nomor: 131 tahun 2016  dan Peraturan Bupati Rote Ndao Nomor 13 tahun 2016, sebagai wujud penamaan rupa bumi Rote Ndao dan pulau-pulaunya sehingga secara hukum tidak bisa disentuh oleh siapapun kecuali anak bangsa Indonesia. Lens Haning berjanji akan memberdayakan seluruh masyarakat pesisir Rote Ndao dan pulau-pulaunya sehingga bisa maju dan sejahtera.

Salah seorang tokoh masyarakat Rote Ndao, Gerson Kolifai, menyatakan senang karena ada perhatian dari pemerintah NTT dalam memberikan nama kepada pulau-pulau yang belum bernama di Rote Nadao khususnya dan NTT umumnya.

Persemian itu ditandai dengan penandatangan prasasti ke-10 pulau oleh Bupati Rote Ndao, Gubernur NTT dan Forkompinda NTT, dan disaksikan masyarakat pulau Usu yang berjumlah 1.011 jiwa dan dialog antara gubernur dengan masyarakat desa persiapan Tenalae Usu. (VN-01)

   
 
Sound: Suara Gubernur - Bupati - Tomas.MP3
   
   
 
footer2.jpg